Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2016, 15:24 WIB
Muhammad Irzal Adikurnia

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia boleh berbangga. Salah satu kekayaan kuliner Nusantara, Lapis Legit masuk dalam 14 kue tradisional terenak versi CNN.

Mengutip situs CNN, Rabu (24/8/2016), Lapis Legit asli Indonesia dinilai punya citarasa yang sangat kaya. Bayangkan, 18 kue spons lembut ditumpuk kemudian dipadatkan menjadi satu. Rasa mentega yang melimpah membuat Lapis Legit digemari semua kalangan.

Terinspirasi dari kue lapis Eropa dengan twist khas Asia, Lapis Legit pertama diciptakan pada zaman kolonial Belanda. Pembuatan Lapis Legit pun membutuhkan waktu berjam-jam.

Dalam situs CNN, disebutkan penjual Lapis Legit yang paling terkenal adalah Harlie Lapis Legit, yang terkenal karena jumlah lapisannya yang mencapai 20-22. Harlie Lapis Legit buka sejak 2005, dan memiliki pelanggan setia dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Selain Lapis Legit, ada beberapa kue tradisional yang didaulat CNN sebagai yang terenak. Berikut daftarnya.

Italia: Tiramisu

Tiramisu berarti "menjemputku" dalam bahasa Italia. Kue ini bercitarasa manis, berkafein, dan bisa ditemukan di hampir semua restoran di Italia.

CNN Tiramisu khas Italia.

Tiramisu dibuat dari lapisan kue seukuran jari yang dicelupkan ke dalam kopi dan ditumpuk menggunakan keju mascarpone. Adonan telur dan gula pun ditambahkan. Namun, tiramisu versi modern menggunakan sponge cake dan menambahkan kopi cair untuk memberikan citarasa yang lebih kuat. Selain original, tiramisu juga memiliki beragam rasa mulai dari stroberi, pistachio, sampai matcha. 

Jerman: Black Forest

CNN Black Forest khas Jerman.

Di negeri asalnya, sponge cake cokelat dengan saus ceri ini memiliki nama asli Schwarzwalder Kirschtorte. Dari nama aslinya, kue tersebut memang harusnya dibuat menggunakan kirschwasser (ceri brandy). Dengan menambahkan whipped cream, setiap gigitan Black Forest seperti makan cocktail.

Amerika Serikat: Cheesecake

Lupakan brownies, Red Velvet, atau cake "kekinian" lainnya saat berkunjung ke Amerika Serikat. Sejak zaman Yunani kuno, orang lokal telah makan gumpalan keju manis, mirip dengan Cheesecake modern.

CNN Cheesecake khas Amerika Serikat.

Bangsa Romawi juga memiliki jenis Cheesecake versi panggang, meski tidak lagi menjadi favorit seperti Cheesecake pada umumnya. Cheesecake dingin muncul setelah ditemukannya "ramuan" krim keju (cheese cream) pada akhir 1800-an. Krim keju ini menjadi tren di New York, dan berlanjut sejak saat itu.

Malaysia/Singapura: Kue Pandan

CNN Kue pandan.

Suasana yang dipancarkan dari kue ini menggambarkan hijaunya alam. Kue Pandan adalah chiffon cake yang ditambahkan essence tanaman pandan. Tanaman ini merupakan salah satu bahan masakan populer di Malaysia dan Singapura, juga Indonesia. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com