Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Destinasi Wisata "Anti-mainstream" untuk Rayakan Malam Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2016, 05:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

JAKARTA, KOMPAS.com — Lupakan New York Times Square. Menurut travel experts, para ahli penyusun panduan dari Lonely Planet, ada tujuh lokasi di dunia yang bisa didatangi untuk menghabiskan malam tahun baru yang berkualitas. Tujuh lokasi ini dipilih untuk pejalan kaki, seperti berikut ini:

1. Matera, Italia

Matera akan menjadi European Capital of Culture (Kota Pusat Budaya Eropa) pada tahun 2019. Tak perlu menunggu sampai tahun 2019, Angelo Pittro, Lonely Planet Italy's Commercial and Marketing Director, mengatakan bahwa kota Matera yang berada di Basilicata, Italia Selatan, patut dikunjungi.

"Pada perayaan tahun baru, kota yang termasuk dalam UNESCO World Heritage ini punya beragam festival di ruang terbuka. Jelajahi labirin kota di gang-gang kecil, dan saksikan pemandangan 150 penduduk lokal mengenakan kostum-kostum yang khas," kata Pittro.

2. New Orleans, Amerika Serikat

New Orleans yang terletak di Louisiana, Amerika Serikat, adalah kota pelabuhan yang menyuguhkan nuansa berbeda. Editor majalah Lonely Planet di Amerika Serikat, Rebecca Warren, merekomendasikan Jackson Square di New Orleans untuk merayakan malam tahun baru.

"Pesta tahunan termasuk pertunjukan musik langsung, pemandangan fleur-de-lis dengan kembang api, St Louis Cathedral dengan arsitektur ala Perancis, dan kembang api dengan latar Sungai Mississippi," kata Warren.

3. Melbourne, Australia

Tempat terbaik untuk menghabiskan malam tahun baru di Melbourne, menurut Lonely Planet's Pathfinder, Terri Coad, justru adalah kafe di atas gedung.

Ada banyak kafe di Melbourne yang berlokasi di rooftop. Hawa musim panas bulan Desember, minuman dingin, hangatnya kebersamaan, dan pesta kembang api membuat malam tahun baru di Melbourne direkomendasikan.

Gran Canaria, di Kepulauan Canary, Spanyol/.

4. Gran Canaria, Las Palmas, Spanyol

Kota di Pulau Gran Canaria, Kepulauan Canary, Spanyol, ini menyajikan pengalaman malam tahun baru di pantai. Feature Editor untuk Lonely Planet's Inggris, Orla Thomas, mengatakan, penduduk Gran Canaria punya kebiasaan unik saat merayakan malam tahun baru.

"Setelah minum bir dalam jumlah sedikit, orang-orang akan berkumpul di Pantai Playa de las Canteras melihat kembang api, menyambut tahun baru. Kemudian sesuai tradisi Spanyol, mereka akan menyantap 12 anggur untuk menangkal nasib buruk sepanjang tahun," kata Thomas.

5. Nassau, Bahama

Nassau adalah pusat perayaan pesta tahun baru di Kepulauan Karibia, kata Destination Editor untuk Amerika Tengah dan Karibia, Bailey Johnson.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com