The Halal Guys, dari New York ke Jakarta - Kompas.com

The Halal Guys, dari New York ke Jakarta

Kompas.com - 27/04/2017, 16:49 WIB
KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Gerai The Halal Guys pertama di Jakarta dibuka di Lantai 5 Senayan City, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - " The Halal Guys" bukanlah nama baru dalam ranah makanan halal di Amerika Serikat. The Halal Guys pertama kali dibuka pada 1990 oleh tiga orang imigran asal Mesir yakni Mohammed Abouelenein, Abdelbaset Elsayed, dan Ahmed Elsaka.

"Pada awalnya mereka menjual hot dog di West 53rd dan 6th Avenue, New York City (NYC)," tutur Jamie Myers selaku perwakilan dari Halal Guys New York saat pembukaan gerai The Halal Guys Indonesia di Senayan City, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Jamie berkisah, banyak warga sampai sopir taksi di New York yang membeli hot dog dagangan mereka. Dari sanalah timbul ide untuk membuka gerai makanan halal, berhubung banyak sopir taksi di New York adalah imigran beragama Islam.

(BACA: Inikah Baked Cheese Tart Bersertifikat Halal Pertama di Indonesia?)

Dari sanalah mereka menciptakan dua hidangan khas yang kini mendunia, yakni platter dan gyro. Dari gerai kaki limadi NYC, The Halal Guys kini punya 41 cabang franchise yang tersebar di berbagai negara.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Dua jenis hidangan yang disajikan adalah Platter dan Sandwich.
Di Amerika Serikat sendiri, The Halal Guys telah memiliki cabang di banyak negara bagian seperti Nevada, California, Illinois, Washington DC, Georgia, Pennsylvania, juga Texas.

Di luar negeri, The Halal Guys telah merambah beberapa negara seperti Kanada, Filipina (Manila), dan Malaysia (Kuala Lumpur). Tepat hari ini, The Halal Guys meresmikan gerai pertamanya di Jakarta.

"Makanan Indonesia memang pada dasarnya halal. Namun di bawah nama The Halal Guys, kami ingin memperkenalkan kuliner khas Mediterania yang telah disesuaikan dengan lidah orang New York. Di cabang mana pun menunya sama, dan rasanya dijamin sama. Di cabang mana pun, pengunjung bisa mencicipi hidangan The Halal Guys seperti mencobanya langsung di New York," papar Jamie.

Gerai The Halal Guys pertama di Jakarta dibuka di Lantai 5 Senayan City, Jakarta Pusat. Gerai ini didominasi warna merah dan kuning. Dua jenis hidangan yang disajikan adalah Platter dan Sandwich.

"Platter adalah satu piring dengan isian lengkap. Mulai dari nasi, sayuran, gyro, pita bread, juga white sauce dan hot sauce," tutur Mohamed Omar, pria asal Mesir yang menjadi koki di The Halal Guys.

Sementara itu, lanjut Omar, Sandwich adalah pita bread berisi sayuran, gyro, white sauce, dan hot sauce. Gyro adalah daging sapi yang dimasak ala kebab kemudian diiris kecil. Sebetulnya, kunci dari cita rasa otentik The Halal Guys berada pada dua jenis saus yakni white sauce dan hot sauce.

"White sauce pada dasarnya mayonais. Tapi kami tidak bisa membocorkan bahan lainnya. Ini saus rahasia, dan rasanya sangat enak," tambah Mohamed.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Di luar negeri, The Halal Guys telah merambah beberapa negara seperti Kanada, Filipina (Manila), dan Malaysia (Kuala Lumpur). Tepat hari ini, The Halal Guys meresmikan gerai pertamanya di Jakarta.
KompasTravel mencicipi Combo Platter. Hidangan ini disajikan di piring alumunium dengan isian nasi, beef gyro, potongan ayam, sayuran, tiga potongan pita bread, serta tentunya white sauce dan hot sauce.

Sebagai anggota "tim campur aduk", KompasTravel pun mencampur semua isian Combo Platter dan mulai melahapnya. Rasanya sungguh nikmat. Nasi yang adalah jasmine rice diberi bumbu sehingga berwarna oranye, dan bercita rasa gurih. Potongan ayam diberi rempah, dan beef gyro terasa sangat lembut.

Benar saja, white sauce memberikan sensasi rasa yang berbeda. Saus ini melengkapi aneka cita rasa yang terdapat dalam sepiring Combo Platter. Sementara itu, hot sauce ternyata sangat pedas.

Satu porsi Combo Platter ukuran sedang dibanderol Rp 55.000, dan ukuran besar Rp 80.000. Untuk Sandwich, harganya Rp 55.000. Anda bisa memilih daging sapi atau ayam sebagai topping.

The Halal Guys juga menyuguhkan Side Dish alias makanan pendamping khas Timur Tengah. Mulai dari Hummus, Baba Ghanouj, Taboulah, dan Falafel bisa didapat dengan tambahan harga Rp 15.000-20.000.

Anda juga bisa memesan French Fries, Extra Rice, dan Extra Sauce dengan tambahan harga mulai Rp 11.000-20.000. Untuk dessert, tersedia Baklava dengan harga Rp 25.000.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X