Wisata ke Australia, Berapa Bujet yang Harus Disiapkan? - Kompas.com

Wisata ke Australia, Berapa Bujet yang Harus Disiapkan?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 19/05/2017, 16:07 WIB
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Opera House, Sydney

JAKARTA, KOMPAS.com - Jarak Australia yang tak terlalu jauh dari Indonesia membuat Negeri Kanguru itu menjadi alternatif untuk berwisata maksimal dalam waktu singkat. Didukung penerbangan langsung dari Jakarta, iklim yang tak jauh berbeda dengan Indonesia, dan destinasi wisata yang sudah tertata membuat Australia semakin menjanjikan untuk berwisata.

Namun sebelum berwisata ke Australia, ada baiknya ketahui dahulu kisaran biaya yang harus disiapkan. Seperti dihimpun KompasTravel berikut ini:

1. Biaya Visa

Untuk berwisata ke negara bagian di Australia dibutuhkan visa. Pembuatan visa wisata ke Australia dikenakan biaya berkisar 135-1.000 dollar Australia atau setara dengan Rp 1.350.000 - Rp 10 juta. Saat pembuatan visa, wisatawan direkomendasikan memiliki tabungan Rp 30 juta di rekeningnya.

2. Tiket pesawat

Dua penerbangan yang terbang langsung dari Jakarta ke Australia adalah Garuda Indonesia dan Qantas. Misal Anda memilih rute penerbangan dari Jakarta menuju Sydney, maka harga tiket sekali jalan berkisar Rp 7 juta.

Dengan kata lain tiket pulang pergi Jakarta-Sydney adalah Rp 14 juta. Ada cara lain untuk membeli tiket ke Australia dengan harga yang lebih murah, yakni membeli di pameran wisata. Tiket pesawat PP Jakarta-Sydney bisa didapatkan dengan harga Rp 6 juta.

3. Akomodasi

Akomodasi di kota internasional seperti Sydney sungguh beragam. Namun jika diurutkan dari yang paling murah, Anda bisa menginap di hostel dengan tarif Rp 300.000 untuk satu orang.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Koala yang menggemaskan di Currumbin Wildlife Sanctuary, Gold Coast, Queensland, Australia.

4. Konsumsi

Biaya konsumsi di Australia justru yang paling mahal jika tak pintar berhemat. Satu kali makan berat, paling murah di Sydney misalnya, dihargai 12 dollar Australia atau setara Rp 120.000. Untungnya air keran di Australia dapat diminum langsung sehingga dapat menekan biaya minum.

5. Tempat wisata

Ketika berkujung ke Australia, mayoritas wisata alam dan sejarah tak dikenakan biaya masuk. Namun jika ingin berkunjung ke taman bermain tematik, biasanya wisatawan akan dikenakan biaya berkisar 80 dollar Australia atau setara dengan Rp 800.000 per orang.

Sebenarnya ada cara untuk menekan biaya dan mengurangi persiapan untuk berwisata ke Australia, yakni dengan ikut rombongan tur. Seperti KompasTravel yang ikut serta dalam perjalanan bersama Golden Rama Tours & Travel. Semakin banyak orang harga berwisata, akan lebih murah. 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X