Mencicipi Hidangan Resto Termurah Pemenang "Michelin Star" di Jakarta - Kompas.com

Mencicipi Hidangan Resto Termurah Pemenang "Michelin Star" di Jakarta

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 07/07/2017, 12:05 WIB
Travel - Chicken Mi Soya Sauce, hidangan andalan di Howker Chan resto. Hidangan inilah yang mendapatkan Michelin Star pada Oktober 2016 di Singapura.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Travel - Chicken Mi Soya Sauce, hidangan andalan di Howker Chan resto. Hidangan inilah yang mendapatkan Michelin Star pada Oktober 2016 di Singapura.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal restoran berbintang Michelin, yang terlintas di benak Anda pastilah harganya yang mahal. Namun, kini Jakarta kedatangan restoran berbintang Michelin dengan harga termurah di dunia. 

Hawker Chan, begitu nama restorannya, berasal dari Singapura. Kedai asli Hawker Chan mendapatkan penghargaan Michelin Star dua tahun berturut-turut, yakni pada 2016 dan 2017.

BACA: Hadir di Jakarta, Restoran Pemenang Michelin Star Termurah di Dunia

Seperti yang kita ketahui, Michelin Star adalah penghargaan paling bergengsi dalam dunia kuliner. Penghargaan tersebut tak hanya dinilai dari masakannya, tapi juga pelayanannya.

Indonesia menjadi negara ketiga dibukanya restoran tersebut, setelah Taiwan. Salah satu hidangan wajib coba saat mengunjungi Hawker Chan adalah Chicken Soya Sauce. Hidangan inilah yang membuat koki Hawker Chan mendapatkan bintang Michelin. Tentu Chicken Soya Sauce menjadi hidangan favorit di semua cabang restorannya.

Anda bisa memilih empat hidangan antara lain Soya Sauce Chicken Rice, Soya Sauce Chicken Noodle, Chicken Soya Sauce utuh, atau Chicken Soya Sauce setengah porsi.


Howker Chan, pemenang penghargaan Michelin Star kini hadir di Indonesia.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Howker Chan, pemenang penghargaan Michelin Star kini hadir di Indonesia.
Soya Sauce Chicken Noodle menjadi hidangan pertama yang KompasTravel coba. Mi ala Hongkongnya bertekstur lembaran kecil renyah, dan tidak mudah menyerap cairan. Sehingga tidak mengembang dan tetap renyah hingga akhir Anda makan.

Ada sambal balacan yang menambah kelezatan saat dicampur dengan mi. Rasa sambal ini pedas dan gurih seperti perpaduan cabai bumbu terasi dan sedikit kari, tetapi tak berbau terasi.

Ayam dengan potongan cukup besar pun menunggu di sisi piring. Soya sauce sangat terasa pada bagian luar dagingnya yang tebal. Didominasi rasa manis dan gurih alami, dan sama sekali tidak tersisa rasa kedelai.

Untuk menambahkan rasa daging bagian dalamnya bisa Anda balurkan sambal balacan tadi, atau saus cabai.

"Ayamnya kami pake broiler dengan standar minimal 1,5 kilogram per ekornya. Lalu yang beda cara masaknya, bukan dipanggang tapi direbus bersama sausnya itu, sampai meresap," ujar Evely selaku Bussiness Development Hawker Chan, Kamis (6/7/2017).

Menurut Evelyn, yang membedakan ayam di Singapura dengan Indonesia ialah lama masaknya. Di Indonesia ayam dimasak lebih lama untuk menghilangkan warna kemerahan di pada tulang. Sedangkan di Singapura dimasak medium well, sehingga masih terdapat kemerahan dengan tekstur lebih juicy.

Tofu ala Thailand, salah satu hidangan yang menjadi favorit di Howker Chan, Indonesia.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tofu ala Thailand, salah satu hidangan yang menjadi favorit di Howker Chan, Indonesia.
Untuk nasinya, menggunakan nasi biasa, diguyur saus semacam kuah semur pekat. Menjadikannya terasa gurih dan sedikit manis.

Selain Chicken Soya Sauce, hidangan yang tidak kalah favorit ialah Tofu ala Thailand. Tahu lembut disiram saus bertekstur seperti bumbu rujak. Dengan cairan kental manis, gilingan cabai, potongan bawang merah, dengan apel hijau dan wijen di atasnya. 

Tofu di sini sangat lembut di dalam tapi kering di luar. Ternyata tahu ini diproduksi hanya di dapur Hawker Chan.

Sebagai makanan penutup, ada AIYU lidah buaya, semacam jelly berisi potongan lidah buaya yang manis. Cukup menyegarkan Anda setelah menyantap berbagai hidangan beratnya.

Bagi yang penasaran ingin menguji salah satu hidangan terbaik restoran Michelin Star ini, bisa berkunjung ke Pantai Indah Kapuk Jakarta. Tepatnya di Jalan Marina Indah Raya, Ruko Crown Golf Blok D nomer 8-10, Pantai Indah Kapuk. Hawker Chan berlokasi di lantai dua resto Tim Ho Wan.

Sebagai hidangan favorit di sini, Soya Sauce Chicken Rice dibanderol seharga Rp 28.000. sedangkan Soya Sauce Chicken Noodle Rp 38.000.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM