Penari Kethek Ogleng Asli Kediri Siap Tampil di Australia - Kompas.com

Penari Kethek Ogleng Asli Kediri Siap Tampil di Australia

Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
Kompas.com - 15/09/2017, 18:03 WIB
Penari dari Kota Kediri, Jawa Timur, berlatih sebelum berangkat ke Australia.KOMPAS.com/M Agus Fauzul Hakim Penari dari Kota Kediri, Jawa Timur, berlatih sebelum berangkat ke Australia.

 

KEDIRI, KOMPAS.com - Serombongan penari dari Kota Kediri, Jawa Timur, bersiap berangkat ke Australia untuk unjuk kebolehan dalam festival seni Melbourne Fringe.

Melbourne Fringe merupakan ajang seni atau festival independen terbesar kedua di Australia setelah Adelaide Fringe yang digelar tiap tahun. Total ada 14 penari beserta dua personel, masing-masing seorang sinden dan penata rias.

Mereka dijadwalkan berangkat dari Kediri pada tanggal 18 September 2017. Para penari yang tergabung dalam Sanggar Tari Guntur itu akan membawakan empat tarian yakni tari Kethek Ogleng, tari Kidung Tresno Keduwung, Topeng Panji, serta Songgo Langit Patemboyo.

"Kethek ogleng akan menjadi sajian utama kami," kata Guntur selaku pemilik sanggar tari, Kamis (14/9/2017).

Guntur menambahkan, karena ajang internasional, pihaknya tidak mau penampilannya mengecewakan. Beberapa penyesuaian dilakukan, semisal menambah jam latihan hingga menjaga kebugaran para penarinya.

"Bahkan nanti kami juga bawa sendiri alat-alat gamelan yang dibutuhkan karena alatnya sudah familiar," imbuh Guntur.

Di Negeri Kanguru itu mereka akan tinggal selama 10 hari. Pada rentang waktu itu, mereka dijadwalkan manggung selama empat kali di dua tempat yang berbeda.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Kediri, Nur Muhyar, mengatakan bahwa momentum itu merupakan ajang promosi wisata dan budaya Kota Kediri di dunia mancanegara.

"Pemerintah tentu akan memfasilitasinya," ujarnya..

Keterlibatan penari Kota Kediri di Australia ini, lanjut Muhyar, berkat penampilan apik mereka dalam ajang Konferensi Asia Afrika di Bandung beberapa waktu lalu.

"Waktu tampil di KAA ada yang lihat tariannya bagus, akhirnya mereka mengontak kita untuk tampil di Australia nanti," ujarnya.

Selain Kota Kediri, lanjut dia, beberapa penari dari Denpasar, Bali, juga akan tampil pada ajang Melbourne Fringe tersebut.

PenulisKontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM