Kisah Pembuatan Video Wonderful Indonesia yang Menang Kompetisi UNWTO - Kompas.com

Kisah Pembuatan Video Wonderful Indonesia yang Menang Kompetisi UNWTO

Sri Anindiati Nursastri
Kompas.com - 20/09/2017, 20:02 WIB
Wonderful Indonesia.YOUTUBE Wonderful Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, video promosi pariwisata Indonesia meraih dua penghargaan dalam ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Video Competition 2017.

Dua kategori yang dimenangkan adalah video pariwisata terbaik di Asia Timur dan Pasifik, serta People Choice Award.

(BACA: Bangga! Indonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO)

Video pariwisata tersebut berjudul " Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful World."

Video tersebut menampilkan beragam keindahan destinasi pariwisata Nusantara seperti Yogyakarta, Bali, Lombok, Jakarta, Toraja, Raja Ampat, serta Wakatobi. Video ini bahkan disertai lagu latar terkenal, berjudul "What a Wonderful World" yang dibawakan Louis Armstrong.

Tak banyak yang tahu, butuh perjuangan yang tidak sedikit dalam pembuatan video pariwisata itu. Salah seorang yang berkontribusi besar dalam pembuatan video tersebut adalah Condro Wibowo sebagai Video Director.

"Proses syutingnya sekitar satu bulan, berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Total ada tujuh spot yang kami ambil," tutur Condro kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

(BACA: Inilah Daftar Pemenang Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO)

Pihak Kementerian Pariwisata, lanjut Condro, memberikan referensi 10 destinasi pariwisata andalan. Kemenpar juga menginginkan ada lima wonders berbeda yang ada dalam konsep.

"Mereka menginginkan dalam video tersebut ada konsep natural, cultural, modern, sensory atau makanan, dan adventure," jelasnya.

Condro menjelaskan bahwa konsep awal video ini adalah memberi gambaran kepada orang lain tentang pengalaman traveling di Indonesia.

"Semua indera jalan. Makanya ada penggambaran makanan, angin, experience naik gunung, berenang di laut, dan sebagainya," tuturnya.

Condro dan sekitar 25 anggota tim lainnya berangkat dari Medan kemudian Surabaya. Dari Surabaya, mereka naik mobil ke Kawah Ijen untuk syuting di lokasi tersebut. 

(BACA: 16 Bus Wonderful Indonesia Mondar-mandir di Paris)

Selang satu hari, mereka sudah tiba di Lombok untuk mulai mendaki Rinjani. "Seru sekali pengalamannya, saya suka sekali prosesnya. Saya selalu bilang ke kru untuk merasakan pengalaman. Kalau senang, hasilnya pasti bagus," tutur Condro.

Dua talent dalam video ini, David John Schaap dan Widika Sidmore, menurut Condro juga berperan dalam penggambaran experience tersebut. 

"David memang orangnya suka adventure. Surfing, naik gunung, dan sebagainya. Sementara itu Widika baru pertama kali syuting bareng saya, untung karakternya mirip dengan David. Profesional," tutur pria yang sudah 10 tahun menggeluti dunia periklanan itu.

Condro dan kru membawa empat kamera selama syuting satu bulan itu. Menurut Condro, syuting video Wonderful Indonesia kali ini membawa banyak pengalaman menyenangkan.

"Banyak pengalaman berkesan. Drone jatuh di Wakatobi, naik turun Gunung Rijani. Capek banget memang, tapi seru," ungkapnya.

PenulisSri Anindiati Nursastri
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM