Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Obyek Wisata di Gunungkidul Akan Punya Wifi Gratis

Kompas.com - 13/02/2019, 20:08 WIB
Markus Yuwono,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

WONOSARI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, berencana akan memberikan seluruh desa fasilitas internet gratis. Selain itu, beberapa lokasi wisata juga akan diberikan fasilitas Wifi gratis.

"Obyek wisata kemungkinan ada tiga yang akan dipasang Wifi gratis tahun ini. Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk pemasangannya nanti," kata Kepala Bidang Layanan Informatika, Diskominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telfon, Rabu (13/2/2019).

Selain obyek wisata, pihaknya akan memasang seluruh desa di Gunungkidul dengan fasilitas internet gratis yang diletakkan di Balai Desa. Setiap desa diberikan sebesar 10 mbps yang berasal dari Provinsi DIY.

Pengunjung Pantai Drini, Gunungkidul, DI Yogyakarta, bermain kano, Jumat (8/2/2019).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Pengunjung Pantai Drini, Gunungkidul, DI Yogyakarta, bermain kano, Jumat (8/2/2019).

Namun demikian, fasilitas penunjang disediakan oleh masing-masing desa, seperti pembuatan tower penangkap sinyal.

"Untuk peralatan disediakan desa, paling sekitar Rp 20 juta. Untuk pemasangan dan lain-lain kami yang menyediakan," ucap Kelik.

Baca juga: Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai

Selama ini masih banyak tempat wisata di Gunungkidul yang tidak terjangkau sinyal internet. Kelik tidak berfokus pada titik-titik blank spot tersebut. Dijelaskannya, pemasangan internet gratis ini untuk memaksimalkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Saat ini sudah ada 40 desa yang terpasang internet gratis dengan fasilitas Wifi gratis. Kami targetkan tahun ini 144 desa sudah bisa mengakses layanan tersebut. Bertujuan untuk membangun smart city, dan smart city tersebut harus mampu untuk mewujudkan visi misi Bupati Gunungkidul yaitu memajukan sektor pariwisata," ucap Kelik.

Taman Bunga Telaga Malingan, Gunungkidul (02/02/2019).Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Taman Bunga Telaga Malingan, Gunungkidul (02/02/2019).

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan pihaknya masih akan berkoordinasi di mana lokasi yang akan dipasang wifi gratis. Apakah nantinya akan dipasang di lokasi yang sudah ramai, atau yang selama ini masih sulit sinyal.

"Kami malah berharap bisa dipasang dilokasi yang sulit sinyal. Ini untuk mendukung pembangunan pariwisata, tak hanya berpengaruh pada jumlah kunjungan tetapi juga bagian promosi dan pemasaran," tutur Hary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com