Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main ke Watu Lajar, Pantai Tenang dengan Bebatuan Karang Unik

Kompas.com - 30/03/2023, 17:35 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Satu lagi pantai unik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namanya Pantai Watu Lajar. Pantai ini terletak di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat.

Dikatakan unik karena tak seperti kebanyakan pantai yang dihiasi hamparan pasir pantai, Watu Lajar dipenuhi gundukan batu karang.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Labuan Bajo, ke Pantai dan Lihat Komodo

Gundukan batu karang ini kemudian kerap dijadikan tempat selfie atau berfoto dengan latar lautan biru yang luas.

Adian Rahmad, warga Benteng Dewa, menuturkan, Pantai Watu Lajar tak cuma unik, tetapi juga relatif belum banyak terjamah manusia.

"Di sini, semuanya masih natural. Tidak ada sampah. Air laut jernih. Kita juga bisa melihat ikan-ikan unik berenang di antara batu-batuan karang," tutur Adian kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Liburan Hemat ke Labuan Bajo dari Jakarta Bisa Naik Apa?

Ia menyebutkan, pengunjung juga bisa naik ke batu-batu karang tinggi yang ada di sana tidak cuma untuk berfoto, tetapi juga menikmati keindahan alamnya dari sudut berbeda. 

"Kita bisa naik di atas batu karang untuk menikmati keindahan alam pantai ini dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi. Rasanya bikin betah," katanya.

Foto : Pantai Watu Lajar, terletak di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Pantai Watu Lajar, terletak di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat.

Jika bosan bermain di sekitar batu karang, pengunjung juga bisa berendam di kolam-kolam kecil yang terbentuk di antara batu-batu karang sembari menyaksikan ikan-ikan kecil berenang.

Selain itu, kita juga bisa memancing.

"Di sini juga bisa mancing. Ikannya banyak," kata dia.

Baca juga: 6 Tips Liburan ke Labuan Bajo untuk Pemula, Open Trip atau Solo Trip?

Di sana, ada pula batu yang dapat dijadikan spot menarik. Sebab, ketika matahari menyinari, sinarnya bakal menembus ke sela-sela bebatuan sehingga menghasilkan pancaran cahaya indah.

Jika sedang ada di Labuan Bajo dan ingin mampir, cobalah singgah pada pagi hari saat matahari terbit atau sore hari saat matahari terbenam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com