Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Gratis di Malang, Pelajar Bisa Berkunjung Saat Libur Sekolah

Kompas.com - 13/06/2023, 15:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com -  Siapa bilang liburan sekolah harus menguras isi kantong? Ada sejumlah tempat wisata gratis di Malang yang bisa dikunjungi para pelajar saat libur sekolah.

Jadi, kamu bisa rekreasi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Meskipun gratis, pengunjung wajib menjaga kebersihan dan ketertiban area wisata tersebut.

Baca juga:

11 Wisata Edukasi di Kota Malang, Cocok buat Liburan Sekolah

Air Terjun Coban Glotak di Malang, di Mana Lokasinya?

Wisata gratis di Malang

Berikut rekomendasi wisata gratis di Malang yang bisa dikunjungi pelajar saat libur sekolah.

1. Alun-alun Kota Malang 

Alun-alun Kota Malang bisa menjadi pilihan tempat wisata gratis di Malang untuk liburan sekolah. Kamu hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Ada sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan di Alun-alun Kota Malang. Mulai dari bersepeda, jogging, berfoto, hunting kuliner, atau duduk santai sembari menikmati hiruk pikuk Kota Malang.

Jika mengajak anak-anak, ada area playground yang bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pengunjung.

2. Naik Macito

Nampak luar bus Malang City Tour atau bus Macito di meeting point Jalan Majapahit. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Nampak luar bus Malang City Tour atau bus Macito di meeting point Jalan Majapahit.

Ingin keliling Kota Malang secara gratis saat libur sekolah? Kamu bisa naik Malang City Tour atau Macito yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Mengutip Kompas.com (30/4/2023), bus warna-warni dengan jendela terbuka ini sudah beroperasi sejak Oktober 2022, dengan total lima unit.

Meskipun gratis, penumpang tetap harus memesan tiket melalui aplikasi Macito. Nantinya, penumpang akan diajak berkeliling Kota Malang melewati sejumlah tempat wisata dan ikon Kota Malang selama kurang lebih 25 menit

Sebut saja, Alun-alun Merdeka atau Alun-alun Kota Malang, daerah Kauman, Jalan Ijen, kawasan Oro-Oro Dowo, kawasan Kampung Kayutangan Heritage,  Alun-alun Tugu, dan sebagainya.

Baca juga:

3. Taman Trunojoyo 

Taman Trunojoyo berlokasi tidak jauh dari Alun-alun Kota Malang. Tepatnya di Jalan Trunojoyo, seberang depan Stasiun Malang Kota Baru.

Area publik ini ditata sedemikian rupa sehingga nyaman bagi pengunjung. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa membeli tiket masuk, alias gratis.

Mulai dari olahraga, duduk santai, hunting kuliner, mengajak anak-anak bermain di playground, dan sebagainya. Terdapat pepohonan rindang di area taman, sehingga suasananya rindang.

4. Hutan Kota Malabar 

Hutan Kota Malabar, Malang. Salah satu wisata gratis di MalangWikimedia Commons Hutan Kota Malabar, Malang. Salah satu wisata gratis di Malang

Wisata gratis di Malang selanjutnya adalah Hutan Kota Malabar, yang berada di Jalan Malabar, Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Sesuai namanya, area hutan ini berada di pusat Kota Malang. Ada banyak pohon hijau yang rindang sehingga suasananya sejuk.

Hutan Kota Malabar bisa jadi pilihan destinasi libur sekolah tanpa harus menguras kantong. Kamu bisa duduk santai atau olahraga di Hutan Kota Malabar.

5. Candi Badut 

Candi Badut di Malang, Jawa Timur.Kemdikbud Candi Badut di Malang, Jawa Timur.

Kamu bisa mengisi libur sekolah dengan mengunjungi situs bersejarah di Malang. Salah satunya adalah Candi Badut yang merupakan candi tertua di Jawa Timur, seperti dikutip dari Kompas.com (18/1/2023).

Candi bercorak Hindu ini adalah peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8, berdasarkan Prasasti Dinoyo.

Lokasinya berada di Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Candi Badut ditemukan pada 1921 oleh Maureen Brecher, seorang Belanda.

Kemudian, bangunan candi dipugar pada 1923-1926. Adapun nama Candi badut diambil dari nama kecil Raja Gajayana yaitu Liswa dalam bahasa Sansekerta, yang berarti anak komedi atau  tukang lawak.

Kata tersebut serupa maknanya dnegan badut di masa kini, yakni seseorang yang menjadi penghibur dengan berbuat lucu atau melawak.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com