Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips ke Museum MH Thamrin di Jakarta Pusat, Bawa Kartu JakCard

Kompas.com - 21/06/2023, 22:44 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak banyak yang tau bahwa gedung yang kini difungsikan sebagai Museum MH Thamrin merupakan saksi bisu lahirnya lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Supratman.

"Gedung ini menjadi saksi terciptanya konsep lagu Indonesia Raya," kata petugas Museum MH Thamrin Dede Maulana kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (21/6/2023).

Baca juga:

Ada banyak cerita menarik serta peninggalan sejarah yang bisa ditemui di Museum MH Thamrin. Salah satunya ada radio Philips asli yang dulu digunakan oleh MH Thamrin untuk memperoleh informasi dari dalam dan luar negeri.

Jika tertarik mampir ke Museum MH Thamrin di Jakarta Pusat, Kompas.com merangkum beberapa tips yang bisa membantu.

Tips berkunjung ke Museum MH Thamrin

1. Ajak teman

Museum MH Thamrin di Senen.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Museum MH Thamrin di Senen.

Museum MH Thamrin memiliki sebuah ruang audio visual yang bisa digunakan untuk menonton tayangan singkat mengenai sosok Mohammad Hoesni Thamrin atau MH Thamrin.

"Ruang audio visual terbuka untuk umum, kalau ada pengunjung yang mau masuk, kami akan putarkan (tayangannya)," kata Dede.

Maka dari itu, sebaiknya ajak teman ataupun keluarga supaya kegiatan berkunjung dan menonton tayangan di ruang audio visual Museum MH Thamrin terasa lebih seru.

Dede mengatakan, ruangan audio visual di Museum MH Thamrin memiliki kapasitas sekitar 30 orang. Jika tertarik, pengunjung bisa melapor kepada petugas yang sedang berjaga untuk menonton tayangan di tempat itu.

Baca juga:

2. Bawa kartu JakCard

Pembayaran tiket masuk Museum MH Thamrin hanya bisa dilakukan mengunakan JakCard sehingga pastikan kamu punya kartu tersebut dan saldonya telah diisi.

Harga tiket masuk Museum MH Thamrin saat ini mulai dari Rp 2.000 untuk kalangan pelajar, mulai dari Rp 3.000 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 5.000 untuk kalangan dewasa.

Sementara itu, pengunjung yang datang bersama rombongan minimal 30 orang akan diberi diskon 25 persen.

Adapun harga tiket masuk ke Museum MH Thamrin dalam bentuk rombongan yakni mulai dari Rp 1.500 untuk kalangan pelajar, mulai dari Rp 2.250 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 3.750 untuk kalangan dewasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com