Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Saat Menginap di Hotel, Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 01/07/2023, 21:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Datangnya gempa bumi memang tidak bisa diprediksi. Ia kerap datang tiba-tiba di mana pun dan kapan pun tanpa pemberitahuan atau tanda-tanda terlebih dahulu.

Seperti gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter (SR) yang terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (30/6/2023).

Gempa itu terjadi ketika momen libur panjang Idul Adha 2023 di wilayah yang jadi destinasi wisata favorit, sehingga sedang ada banyak orang yang datang ke sana.

Baca juga: Dampak Gempa Bantul, 33 Rumah, 5 Kantor, dan 2 Sekolah di Pacitan Rusak

Oleh karena itu, masyarakat hendaknya tahu langkah apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi, baik ketika di dalam bangunan atau di tempat terbuka.

Yang harus dilakukan saat terjadi gempa di hotel

Apabila gempa bumi tiba-tiba mengguncang ketika sedang berada di dalam hotel, berikut Kompas.com rangkum apa yang harus dilakukan:

1. Identifikasi tempat untuk menyelamatkan diri 

Saat masuk hotel, meski kondisi masih aman, amati tempat-tempat yang kokoh untuk berlindung ketika gempa bumi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Dikutip dari Kompas.com (30/9/2023), cari tempat atau benda yang kokoh, seperti kolong meja dan kolong tempat tidur untuk berlindung. Pelajari pula peta evakuasi yang biasanya sudah disediakan di hotel. Perhatikan pula lokasi tangga darurat.

Semua itu akan bermanfaat untuk melakukan evakuasi andai terjadi gempa bumi. Apabila tidak terjadi gempa bumi, kamu bisa menikmati saat menginap di hotel dengan tenang.

2. Berlindung di tempat kokoh saat gempa di dalam hotel

Apabila gempa bumi terjadi ketika kamu berada di dalam hotel, segera berlindung di tempat kokoh yang sudah ditandai tadi.

Ilustrasi simulasi apabila terjadi gempa bumi, mitigasi gempa bumishutterstock Ilustrasi simulasi apabila terjadi gempa bumi, mitigasi gempa bumi

Dilansir dari Kompas.com (2/10/2018), kolong meja, kolong tempat tidur, bawah kursi, atau bawah sofa bisa jadi tempat berlindung.

Apabila sedang berada di atas tempat tidur, tetap di sana. Tutupi kepala dan leher dengan bantal, lalu jangan keluar dari tempat perlindungan sampai guncangan gempa berhenti.

3. Jauhi bangunan saat gempa terjadi di luar hotel

Apabila kamu sedang berada di luar hotel lalu gempa bumi tiba-tiba mengguncang, maka kamu tidak perlu mencari tempat berlindung, seperti kolong meja.

Baca juga: Gempa Bantul, 111 Rumah dan 14 Fasilitas Umum di Wonogiri Rusak

Kamu cukup menjauhkan diri sejauh mungkin dari bangunan atau benda yang berada di atas, seperti baliho atau lampu jalan.

4. Siapkan perlengkapan untuk dibawa saat menyelamatkan diri

Saat menginap di hotel, sebaiknya tetap siapkan perlengkapan yang bakal dibawa saat menyelamatkan diri ketika gempa bumi.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tas Siaga Bencana

Perlengkapan itu antara lain adalah senter, peluit, alat komunikasi (smartphone), baterai (power bank), kabel charger, serta makanan dan minuman. Masukkan semuanya dalam tas kecil.

Bawa tas itu saat menyelamatkan diri dalam kolong sofa atau meja. Apabila bangunan runtuh dan kamu terjebak, benda-benda itu akan berguna untuk bertahan hidup atau membuatmu mudah ditemukan tim penyelamat.

5. Hindari naik lift dan keluar lewat tangga darurat

Apabila bangunan tidak roboh dan gempa sudah berhenti, keluar dari hotel lewat tangga darurat yang lokasinya sudah kamu hafalkan sebelumnya.

Baca juga: Update Kerusakan Gempa Bantul dan 11 Kabupaten yang Merasakan Guncangannya...

Hindari menggunakan lift saat keluar. Kompas.com (15/1/2022) mengabarkan bahwa gempa bumi bisa memutus aliran listrik, sehingga mereka yang berada di dalam lift bisa malah terjebak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com