Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Foreword Library di Jaksel, Naik Transjakarta atau KRL

Kompas.com - 12/07/2023, 15:17 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika mencari tempat untuk baca buku, mengerjakan tugas, atau sekadar melepas penat, bisa coba berkunjung ke perpustakaan baru di daerah Jakarta Selatan, Foreword Library. 

Baru beroperasi secara resmi pada pertengahan Juni 2023 lalu, Foreword Library mengusung konsep ruang baca yang nyaman, modern, dan terbuka bagi siapa saja yang senang membaca. 

Baca juga: 7 Perpustakaan di Jakarta, Nyaman dan Estetis

Founder dan Lead Curator Foreword Library bernama Nihlah Assegaf mengatakan dirinya sudah gemar membaca sejak kecil dan ingin membagikan informasi kepada orang lain. 

"Aku ingin ada media untuk sharing atau untuk membagikan buku-buku yang aku punya," ujar Nihlah kepada Kompas.com, Selasa (11/7/2023). 

Bagian depan Foreword Library di Teras Sebelas, Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan.  KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Bagian depan Foreword Library di Teras Sebelas, Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan.

Untuk membuat orang lebih semangat membaca, buku-buku pun dibuat lebih mudah diakses dan disediakan ruang baca yang nyaman.

Foreword Library terdiri dari dua ruang baca utama, dengan sekitar 500 koleksi buku. Mayoritas buku berbahasa Inggris, ada genre fiksi, klasik, fantasi/sci-fi, misteri, non-fiksi, novel kontemporer, hingga puisi. 

Baca juga: Rimba Baca, Perpustakaan Pribadi untuk Anak Membaca sambil Bermain

Cara menuju ke Foreword Library

Foreword Library berlokasi di Jalan Jeruk Purut No.11, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan. 

Jam bukanya adalah setiap hari Selasa-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00-13.00 WIB. Foreword Library tutup setiap Minggu dan Senin. 

Perpustakaan ini berada di suatu bangunan bernama Teras Sebelas, dengan total dua lantai. Pada bagian bawah terdapat area parkir motor dan mobil. 

Baca juga: Pengalaman ke Perpustakaan Erasmus Huis yang Elegan dan Instagramable

Namun, tidak perlu khawatir karena Foreword Library cukup mudah juga diakses dengan kendaraan umum, seperti Transjakarta dan KRL. Berikut informasinya. 

Ruang membaca Foreword Library di Teras Sebelas, Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan.  KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Ruang membaca Foreword Library di Teras Sebelas, Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan.

Naik Transjakarta

Halte pemberhentian Transjakarta yang terdekat dengan Foreword Library adalah Jalan Kenanga. 

Ada dua bus Transjakarta yang melayani pemberhentian di Jalan Kenanga. Bus 6N (Ragunan-Blok M via Kemang), turun di Jalan Kenanga. Bisa juga bus 5N (Ragunan-Kp Melayu), turun di Jalan Kenanga. 

Untuk mengetahui rute-rute yang dilalui bus Transjakarta 6N dan 5N, kamu bisa mengecek via Google. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com