Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Bukit Cendono di Jawa Timur Dibuka 29 Juli 2023

Kompas.com - 26/07/2023, 11:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar baik untuk para pendaki khususnya di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, ada pendakian baru yang akan dibuka.

Pendakian Bukit Cendono akan dibuka untuk umum pada Sabtu, (29/7/2023).

Bukit Cendono menyuguhkan keindahan gugusan pegunungan Anjasmoro, dengan ketinggian 1.131 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk tiket masuk mulai Rp 11.000 per orang, sudah termasuk dengan asuransi. Tiket dan pendaftaran untuk saat ini bisa dilakukan secara langsung di tempat. 

"Pemesanan tiketnya offline, di lokasi pos pendakian Bukit Cendono di Mrasih," kata Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ahmad Wahyudi kepada Kompas.com, Rabu (26/7/2023). 

Baca juga:

Sebagai informasi, Bukit Cendono termasuk ke dalam Kawasan Pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, sehingga masih termasuk ke dalam kawasan konservasi.

Syarat naik Bukit Cendono

Wahyudi menyampaikan beberapa syarat pendakian, termasuk salah satunya memiliki kondisi tubuh yang fit dan sehat. 

"Syaratnya sehat, bawa perlengkepan dan perbekalan yang memadai," ujarnya. 

Adapun pendakian Bukit Cendono dikatakan oleh Wahyudi sebagai pendakian "tektok", istilah untuk naik turun gunung dalam waktu sehari tanpa menginap atau membuat camp di gunung.

Baca juga:

Artinya, pendaki yang akan mendaki gunung ini biasanya memiliki jarak tempuh puncak tidak jauh dan rata-rata dua hingga tiga jam saja.

Jalur pendakian Bukit Cendono terdiri dari basecamp Cendono, Pos I Kali Pikatan, Pos II Mudhal, Pos III Kolometo, camp Bukit Cendono, dan Puncak Cendono, seperti dikutip dari laman Instagram resminya, Rabu (26/7/2023). 

Beberapa destinasi yang bisa dinikmati di gunung ini antara lain adalah Kali Pikatan, Camp ground, Sunrise View, dan tentu saja Puncak Cendono. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com