Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Flona 2023, Pameran Flora dan Fauna Gratis di Jakarta

Kompas.com - 23/09/2023, 21:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pencinta tanaman, hewan, atau yang ingin berjalan-jalan saat akhir pekan ke tempat wisata gratis di Jakarta, bisa coba datang ke Pameran Flona 2023. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pengunjung bisa melihat dan membeli berbagai macam tanaman hias, bunga, bibit, pupuk, serta hewan peliharaan di pameran ini.

Terdapat total 167 stan di pameran Flona 2023. Ini termasuk tujuh stan dari instansi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, jajaran wali kota dan bupati administrasi, dan Taman Margasatwa Ragunan.

Baca juga: Pameran Flona 2023 Jadi Tempat Kenalkan Tanaman dan Hewan ke Anak

Selain itu, terdapat 122 stan flora, lima stan fauna, tiga stan herbal, dan 30 stan kuliner yang bisa dijelajah semua.

Pameran Flona 2023 yang digelar di Taman Lapangan Banteng, Kamis (21/9/2023). Acara ini berlangsung dari Jumat (15/9/2023) sampai Senin (16/9/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Pameran Flona 2023 yang digelar di Taman Lapangan Banteng, Kamis (21/9/2023). Acara ini berlangsung dari Jumat (15/9/2023) sampai Senin (16/9/2023).

Tidak hanya membeli, pengunjung juga bebas untuk melihat-lihat, atau sekedar jalan santai untuk rekreasi bersama anak-anak. Tempatnya yang menarik dan estetis juga cocok dijadikan spot foto. 

Panduan lengkap ke Pameran Flona 2023

Jika tertarik berkunjung ke Pameran Flona 2023 yang masih digelar sampai tiga minggu lagi, simak panduan lengkapnya yang sudah Kompas.com rangkum berikut ini. 

Lokasi dan jam buka

Pameran Flora dan Fauna (Flona) masih digelar sampai dengan Senin (16/10/2023) di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Jam buka pameran yang diadakan gratis ini mengikuti jam operasional Taman Lapangan Banteng, tepatnya dari pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Baca juga: Wisata ke Flona 2023, Lihat Aneka Bunga Cantik dan Hewan Rp 50 Juta

Untuk menuju lokasi pameran, ada beberapa pilihan transportasi umum yang mudah dijangkau. Mulai dari TransJakarta, KRL Commuter Line, dan MRT. 

Bagi yang naik TransJakarta, bisa turun di lapangan Lapangan Banteng yang dilewati bus koridor 6H (Lebak Bulus-Senen), atau turun di Halte Juanda. 

Halte Juanda dilewati antara lain koridor 2 (Pulo Gadung 1-Monas), koridor 8 (Lebak Bulus-Pasar Baru), dan koridor 7F (Kampung Rambutan-Juanda via Cempaka Putih).

Bagi yang naik KRL Commuter Line, bisa turun Stasiun Juanda, lalu lanjut jalan kaki sekitar 750 meter dalam waktu 11 menit untuk tiba di Taman Lapangan Banteng.

Baca juga: 7 Spot Foto di Pameran Flona 2023, Hasilnya Instagramable

Bagi yang naik MRT, bisa turun di Stasiun MRT Bundaran HI. Lalu lanjut menggunakan bus tingkat gratis, turun di dekat Masjid Istiqlal. Kemudian, lanjut jalan kaki sejauh sekitar 350 meter dalam waktu kira-kira lima menit, untuk tiba di Taman Lapangan Banteng.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com