Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Cuma Satu, Patung Merlion di Singapura Ada 6, Di Mana Saja? 

Kompas.com - 24/09/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber TimeOut

KOMPAS.com - Patung Merlion di Merlion Park, Singapura, akan menjalani perbaikan selama sekitar empat bulan pada September hingga Desember 2023. Selama perbaikan itu, patung ikonik tersebut akan ditutup sementara.

"Selama pekerjaan ini berlangsung, patung Merlion utama akan ditutupi scaffolding (perancah) dan tidak akan bisa untuk pengambilan foto," bunyi pengumuman resmi dari laman Singapore Tourism Board, dikutip dari Kompas.com Jumat (22/9/2023).

Baca juga:

Namun demikian, wisatawan bisa menemukan keberadaan patung Merlion lainnya di Singapura. Ada sejumlah patung Merlion di beberapa sudut Singapura, lantaran makhluk mitologi tersebut adalah ikon negara.

Namun, ada enam patung Merlion di Negeri Singa yang diakui secara resmi oleh Badan Pariwisata Singapura atau Singapore Tourism Board (STB). Setiap patung Merlion tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda dengan keunikan masing-masing.

Berikut enam lokasi patung Merlion di Singapura, seperti dilansir dari Time Out.

1. Merlion Park 

Ilustrasi Singapura.UNSPLASH/JAY ANG Ilustrasi Singapura.

Patung Merlion di Merlion Park merupakan salah satu lokasi ikonik di Singapura. Lokasinya berada di depan Fullerton Hotel dan menghadap Marina Bay. 

Patung Merlion di Merlion Park ini, memiliki tinggi 8,6 meter dengan berat mencapai 70 ton, berdasarkan informasi dari situs Visit Singapore. Namun ternyata, lokasi tersebut bukanlah tempat aslinya.

Awalnya, patung Merlion itu didirikan di dekat Sungai Singapura pada 1972. Namun, setelah pembangunan Jembatan Esplanade pada 1997, patung ini tak terlihat jelas dari tepi laut.

Pada 2002, pemerintah Singapura memutuskan untuk memindahkan patung Merlion ke Merlion Park lokasi sekarang ini. Proses pemindahan patung Merlion berlangsung dari 23 April 2002 hingga 25 April 2003. Patung ini direlokasi sejauh 120 meter dari posisinya semula.

Patung anak Merlion di Merlion Park yang ukurannya lebih kecil, lokasinya berada di belakang patung Merlion utama, setinggi 8,6 meterWikimedia Commons Patung anak Merlion di Merlion Park yang ukurannya lebih kecil, lokasinya berada di belakang patung Merlion utama, setinggi 8,6 meter

Selain patung Merlion setinggi 8,6 meter, adapula patung Merlion dengan ukuran yang lebih kecil di Merlion Park. Karenanya, patung Merlion tersebut dikenal sebagai anak Merlion, seperti dilansir dari TimeOut.

Patung Merlion yang lebih kecil, memiliki tinggi dua meter. Letaknya, di belakang patung Merlion utama.

Kedua patung Merlion di Merlion Park tersebut dibuat oleh perajin asal Singapura, bernama Lim Nang Seng. Keduanya patung ikonik tersebut, terbuat dari semen dan dilapisi porselen.

2. Badan Pariwisata Singapura 

Patung Merlion selanjutnya bisa dijumpai di kantor Badan Pariwisata Singapura (STB). Patung makhluk mitologi di STB tersebut, dibangun pada 1995.

Patung Merlion yang dimaksud berada di dekat titik penurunan penumpang taksi, bukan patung yang berada di dalam gedung STB. Patung Merlion tersebut dibuat di Filipina dengan tinggi tiga meter.

Bentuknya agak pipih, serta cenderung lebih unik dibandingkan patung Merlion lainnya di Singapura.

Baca juga:

3. Gunung Faber 

Patung Merlion di Gunung Faber, SingapuraShutterstock/Ricky Of The World Patung Merlion di Gunung Faber, Singapura

Patung Merlion di Gunung Faber dibangun pada 1998. Patung yang berada di titik tertinggi Gunung Faber tersebut memiliki tinggi tiga meter.

Patung Merlion di Gunung Faber dibangun oleh Badan Pertamanan Nasional Singapura saat pembangunan kembali taman di obyek wisata tersebut.

Selain berfoto dengan patung Merlion, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan dari puncak Gunung Faber, yakni jajaran pulau serta lautan yang membentang. Sekilas, wisatawan juga bisa menyaksikan Pulau Batam, Kepulauan Riau, Indonesia dari lokasi patung Merlion di Gunung Faber tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com