Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sekitar Bandara Kertajati, Lengkap dari Alam hingga Sejarah

Kompas.com - 30/10/2023, 12:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati resmi beroperasi penuh melayani penerbangan domestik dan internasional mulai Minggu (29/10/2023).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jawa Barat Benny Bakhtiar mengatakan, seiring dengan dibukanya Bandara Kertajati, destinasi wisata potensial di sekitar juga terus disiapkan. 

"Saat ini, (destinasi wisata) yang paling memungkinkan itu di Majalengka dan Kota Cirebon," kata Benny saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/10/2023). 

Baca juga: 5 Bandara Ini Layani Penerbangan ke dan dari Bandara Kertajati

Ia memberikan contoh, untuk Majalengka ada Ciboer Pass, desa wisata, Situ Cipanten, dan Telaga Biru. Sedangkan di Kota Cirebon dikenal dengan wisata religi, kuliner, sejarah, dan budaya.

"Di kota Cirebon, salah satu keraton dari empat keraton yang paling siap itu adalah Keraton Kacirebonan untuk kunjungan wisata, sudah ada paket-paket wisatanya," sambungnya.

Destinasi wisata di daerah-daerah lainnya di kawasan Cirebon Raya, kata dia, tengah disiapkan untuk menyambut wisatawan.

Selain Kota Cirebon dan Majalengka, ada juga Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Kuningan atau yang dikenal dengan sebutan Ciayumajakuning.

"Dari Kertajati masuk ke Cirebon sebagai hub-nya, nanti ke depannya itu mereka (wisatawan) bisa bermain mau ke Kuningan, mau ke Majalangka, mau ke Sumedang, bisa karena itu dekat semua area-area tersebut," imbuh Benny. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Akan ada wisata terpadu

Benny mengungkap, pihaknya ingin agar wisatawan yang datang ke Jawa Barat mengetahui bahwa banyak alternatif pilihan untuk mereka berwisata.

Tidak hanya Bandung Raya atau Bogor Raya yang sudah padat, ia menyebut potensi wisata Cirebon Raya yang beragam. 

Ilustrasi tempat wisata Waduk Darma di Kuningan, Jawa Barat.Dok. Shutterstock/Hesti Rumlus Ilustrasi tempat wisata Waduk Darma di Kuningan, Jawa Barat.

"Contoh ke Sumedang, ada kawasan wisata baru sekarang, namanya Jatigede. Di sana sudah ada Taman 1000 cahaya, dan beberapa wisata lain," kata Benny. 

Ia menjelaskan, ke depannya kawasan Jatigede akan dijadikan sebagai kawasan wisata terpadu. Nantinya terdiri dari wisata agro, wisata budaya, wisata alam, dan lain sebagainya. 

"Ini secara bertahap akan kami lakukan. Ini komitmen dari kabupaten kota yang di-support oleh kami untuk pengembangan tersebut," imbuh dia. 

Baca juga: Operasional Bandara Husein Pindah ke Kertajati Bikin Bandung Sepi Wisatawan?

Ia juga menyebut beberapa alternatif tempat wisata lain yang bisa dikunjungi, yang tidak terlalu jauh dari Bandara Kertajati. 

Daerah Kuningan, misalnya, ia merekomendasikan Kampung Adat Cigugur, Desa Wisata Cibuntu, hingga Waduk Darma. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com