Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Dekat Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Bisa Berenang

Kompas.com - 11/11/2023, 08:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Berwisata ke Boyolali tidak melulu hanya bisa di kawasan Selo-Cepogo yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu.

Pusat Kabupaten Boyolali juga punya beberapa tempat wisata untuk dikunjungi. Salah satu yang terbaru adalah Kompleks Wisata Edukasi Religi.

Tempat ini baru diresmikan oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat pada Sabtu (21/10/2023) dan saat ini masih uji coba pembukaan khusus pengunjung pelajar dan santri TPA (taman pendidikan Alquran) Kabupaten Boyolali.

Baca juga: Kompleks Wisata Edukasi Religi yang Baru di Boyolali, Buka untuk Umum 1 Januari 2024

Lokasi Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali tepatnya berada di bekas lahan Pasar Sunggingan, Singkil, Kecamatan Boyolali.

Wisata dekat Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali

Berikut ini Kompas.com rangkum tempat wisata dekat Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali yang bisa sekalian dikunjungi:

1. Simpang Lima Boyolali

Tempat ini bisa dibilang merupakan ikon pusat Kota Boyolali, berupa taman di tengah perlimaan dengan Patung Arjuna Wiwaja yang megah.

Patung Arjuna Wiwaha yang merupakan salah satu ikon BoyolaliKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Patung Arjuna Wiwaha yang merupakan salah satu ikon Boyolali

Pengunjung bisa jalan-jalan santai di sini, juga duduk di taman sambil menikmati lalu-lalang kendaraan.

2. Umbul Tlatar

Umbul Tlatar adalah wisata air paling dekat dari pusat Kota Boyolali. Jaraknya dari Kompleks Wisata Edukasi Religi adalah 3,8 kilometer (km).

Ekowisata Taman Air Tlatar merupakan salah satu tempat wisata populer yang ada di Boyolali, Jawa Tengah.Twitter: Wisata Solo, @PariwisataSolo Ekowisata Taman Air Tlatar merupakan salah satu tempat wisata populer yang ada di Boyolali, Jawa Tengah.

Di Umul Tlatar, wisatawan bisa ngadem dengan berenang, atau bersantap di saung-saung yang disediakan.

3. Taman Tiga Menara

Taman ini berada di sebelah barat Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali. Jaraknya hanya sekitar 1,6 kilometer.

Patung Liberty, Menara Eiffel, dan Menara Pisa kini hadir di BoyolaliKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Patung Liberty, Menara Eiffel, dan Menara Pisa kini hadir di Boyolali

Taman yang dibangun pada tahun 2019 ini memiliki miniatur tiga ikon dunia, yakni Patung Liberty, Menara Pisa, dan Menara Eiffel.

4. Simpang Solidaritas Boyolali

Tempat ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali dengan waktu tempuh kurang-lebih 5 menit.

Keunikan dari Simpang Solodaritas Boyolali adalah adanya miniatur ikon dunia, seperti Candi Borobudur, Taj Mahal, Sphinx, hingga Piramida Suku Maya.

5. Umbul Pengging

Bagi mereka yang ingin berenang setelah mengunjungi Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, bisa ke Umbul Pengging.

Umbul Temanten di kompleks Umbul Pengging, BoyolaliKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Umbul Temanten di kompleks Umbul Pengging, Boyolali

Tempat ini dulunya merupakan pemandian raja Surakarta Hadiningrat, sehingga nuansa kerajaan masih cukup terasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com