Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata Keluarga di Dieng, Jawa Tengah untuk Libur Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 17:32 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Dengan udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan, Dieng menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga. 

Dengan suasana alam yang tenang dan sejuk, Dieng menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. 

Kompas.com telah menghimpun rekomendasi wisata Dieng yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga Anda. 

Baca juga:

1. Candi Arjuna

Candi Arjuna DiengKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna, sebuah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang berusia ratusan tahun, merupakan salah satu situs bersejarah yang memukau di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Candi ini bercorak Hindu dengan pengaruh aliran Syiwa dan diperkirakan dibangun antara abad ketujuh hingga kesembilan oleh pendiri dari Dinasti Sanjaya. 

Terletak di paling ujung utara dari Kompleks Percandian Arjuna, Candi Arjuna juga dikelilingi oleh keindahan alam yang mempesona.

Baca juga: 10 Wisata Wonosobo Selain Dieng yang Tak Kalah Menarik 

Bagi pengunjung domestik, tiket masuk ke Candi Arjuna hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000, sementara untuk pengunjung asing biaya tiketnya adalah Rp 30.000. 

Candi ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat. Selain Candi Arjuna, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Candi Semar yang terletak di depannya, yang diyakini sebagai candi pelengkap atau perwara dari Candi Arjuna.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang, Dieng.Dok. Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah Kawah Sikidang, Dieng.

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik perhatian banyak orang. 

Fenomena alam unik terjadi di kawah ini, dimana kawah-kawah kecil sering muncul di sekitar kawah utama dan kemudian mengering, hanya untuk muncul kembali di tempat lain yang tidak jauh dari lokasi asalnya. 

Hal ini menarik minat banyak pengunjung untuk melihat langsung keajaiban alam tersebut. Untuk dapat menikmati keindahan Kawah Sikidang, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 20.000. 

Baca juga: Rute ke Basecamp Prau via Dieng, Jalur Pendakian Sisi Utara

Dengan harga tiket tersebut, pengunjung juga berkesempatan untuk mengunjungi Candi Arjuna yang terletak tidak jauh dari kawah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com