Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Keluarga di Dieng, Jawa Tengah untuk Libur Lebaran

KOMPAS.com - Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Dengan udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan, Dieng menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga. 

Dengan suasana alam yang tenang dan sejuk, Dieng menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. 

Kompas.com telah menghimpun rekomendasi wisata Dieng yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga Anda. 

Candi Arjuna, sebuah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang berusia ratusan tahun, merupakan salah satu situs bersejarah yang memukau di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Candi ini bercorak Hindu dengan pengaruh aliran Syiwa dan diperkirakan dibangun antara abad ketujuh hingga kesembilan oleh pendiri dari Dinasti Sanjaya. 

Terletak di paling ujung utara dari Kompleks Percandian Arjuna, Candi Arjuna juga dikelilingi oleh keindahan alam yang mempesona.

Bagi pengunjung domestik, tiket masuk ke Candi Arjuna hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000, sementara untuk pengunjung asing biaya tiketnya adalah Rp 30.000. 

Candi ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat. Selain Candi Arjuna, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Candi Semar yang terletak di depannya, yang diyakini sebagai candi pelengkap atau perwara dari Candi Arjuna.

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik perhatian banyak orang. 

Fenomena alam unik terjadi di kawah ini, dimana kawah-kawah kecil sering muncul di sekitar kawah utama dan kemudian mengering, hanya untuk muncul kembali di tempat lain yang tidak jauh dari lokasi asalnya. 

Hal ini menarik minat banyak pengunjung untuk melihat langsung keajaiban alam tersebut. Untuk dapat menikmati keindahan Kawah Sikidang, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 20.000. 

Dengan harga tiket tersebut, pengunjung juga berkesempatan untuk mengunjungi Candi Arjuna yang terletak tidak jauh dari kawah. 

Namun demikian, pengunjung diingatkan untuk menjaga tiket agar tidak hilang, karena tiket harus ditunjukkan kepada petugas setempat sebagai bukti pembayaran.

Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut dan luas sekitar 40 hektar, Telaga Warna menawarkan pesona alam yang memukau.

Menurut informasi yang dihimpun dari laman Disparbud.wonosobokab.go.id, Telaga Warna dinamai demikian karena airnya seringkali berubah warna. 

Terkadang airnya berwarna hijau, kuning, bahkan berwarna-warni layaknya pelangi. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang tinggi dalam air telaga, sehingga ketika terkena sinar matahari, warnanya menjadi beraneka ragam.

Dilansir dari Kompas.com (9/04/2024), lokasi Telaga Warna juga dekat dengan objek wisata lainnya di Dieng seperti Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. 

Namun, pengunjung perlu memperhatikan jam buka wisata mulai pukul 06.00-16.00 WIB. Adapun harga tiket masuk Telaga Warna adalah Rp 22.000 untuk wisatawan domestik dan antara Rp 117.000 hingga Rp 164.000 untuk turis asing. 

Dieng Park merupakan salah satu destinasi wisata terbaru yang berlokasi di dataran tinggi Dieng, tepat di sebelah Telaga Warna dan masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo. 

Destinasi wisata ini menawarkan berbagai spot foto menakjubkan dengan latar belakang Telaga Warna yang memukau dari ketinggian. 

Selain itu, Dieng Park juga menyediakan fasilitas camping bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Dieng secara lebih dekat.

Dengan keindahan alamnya yang memukau, Dieng Park menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil berfoto di berbagai spot menarik, serta merasakan pengalaman camping yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Dieng. 

Batu Pandang Ratapan Angin, yang terletak di bukit sekitar Telaga Warna, menawarkan panorama telaga yang memukau dari ketinggian.

Lokasinya tepat di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, sekitar 27 kilometer atau satu jam perjalanan dari pusat Kota Wonosobo.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan ini harus membayar tiket masuk atau parkir kendaraan. Harga tiket masuk untuk sepeda motor hanya Rp 3.000, sedangkan untuk masuk ke kawasan obyek wisata ini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang.

Penting untuk diingat bahwa tiket tersebut hanya berlaku untuk masuk ke kawasan obyek wisata Batu Pandang Ratapan Angin saja.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/10/173200927/5-tempat-wisata-keluarga-di-dieng-jawa-tengah-untuk-libur-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke