Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main ke Danau Setu Babakan, Bisa Apa Saja?

Kompas.com - 31/12/2023, 17:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Danau Setu Babakan ialah spot wisata alam yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum setiap hari. 

Kawasan danau ini berada cukup jauh dari gedung tinggi perkotaan, sehingga suasananya cukup tenang layaknya di pedesaan.

Lokasinya ada di dalam area Perkampungan Budaya Betawi, Jalan Situ Babakan Nomor 47, RT 13/ RW 8, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Di sini sudah mulai ramai pagi hari karena orang-orang ada yang olahraga. Biasanya sudah mulai sepi sore hari, (area wisata Danau Setu Babakan) tidak buka sampai malam," kata salah satu pedagang di tepi Danau Setu Babakan, Ida, kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (29/12/2023).

Bila tertarik mampir ke Danau Setu Babakan, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

Baca juga:

Aktivitas di Danau Setu Babakan

1. Jajal kuliner

Kuliner di kawasan Setu Babakan, Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Kuliner di kawasan Setu Babakan, Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023).

Di tepian Danau Setu Babakan terdapat jajaran kios yang menawarakan kuliner khas suku Betawi.

Beberapa di antaranya ada soto betawi, laksa, kue rangi, karedok, ketoprak, dan taoge goreng. Ada pula jajanan jadul seperti es potong aneka rasa, rambut nenek, dan gulali.

Baca juga:

Harga makanan yang ditawarkan di sini terbilang cukup terjangkau, dibanderol mulai dari Rp 5.000. Perlu diketahui, sebagian besar pedagang di sini masih melayani pembayaran dengan sistem tunai. 

Maka dari itu sebaiknya sediakan uang tunai yang cukup sebelum datang, atau kamu bisa mengambil uang tunai di mesin ATM yang ada di dekat gerbang masuk Perkampungan Budaya Betawi.

2. Naik wahana bebek air

Wahana bebek air di Danau Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Wahana bebek air di Danau Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023).

Jika mampir ke Danau Setu Babakan lewat pintu masuk Perkampungan Budaya Betawi, kamu akan menemukan wahana bebek air di dekat sana.

Loket tiket wahana bebek air bisa ditemui di tepian danau, lokasinya cukup mudah ditemui karena berada dekat dengan posisi wahana bebek yang parkir di danau.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Ditemukan Saat Wisata ke Setu Babakan Jakarta

Tarif naik wahana bebek air di Danau Setu Babakan yakni mulai dari Rp 8.000 per orang untuk anak usia 3 sampai 12 tahun. Sementara tarif untuk dewasa (usia 13 tahun ke atas) yakni mulai dari Rp 10.000 per orang.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com