Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Betawi: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Kompas.com - 31/12/2023, 12:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila sedang berada di area Perkampungan Budaya Betawi, tidak lengkap rasanya bila belum mampir ke Museum Betawi.

Di Museum ini, pengunjung akan mengenal lebih dekat dengan ragam suku Betawi. Mulai dari pakaian, alat musik, obat-obatan, perabot rumah, hingga bentuk rumah masyarakat Betawi.

"Koleksi yang dipamerkan di dalam Museum Betawi ini sebagian besar ada yang disumbangkan oleh masyarakat. Kalau berkunjung, pengunjung dilarang menyentuh koleksi," kata pemandu Museum Betawi bernama Rika kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (29/12/2023).

Baca juga:

Selain melihat pajangan, kamu juga bisa mengenal suku Betawi melalui media interaktif yang bisa diakses oleh setiap pengunjung.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Lokasi, jam buka, dan harga tiket masuk Museum Betawi

Bila tertarik datang ke Museum Betawi, simak panduannya berikut:

Lokasi Museum Betawi

Museum Betawi berlokasi di dalam area Perkempungan Betawi, alamatnya di Jalan Situ Babakan Nomor 47, RT 13/ RW 8, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Pengunjung yang sedang berada di dalam area Perkampungan Betawi bisa masuk ke Museum melalui dua pintu, yakni dari pintu utama dekat gerbang masuk, atau lewat pintu amphiteater dekat Danau Setu Babakan.

Baca juga:

Jam buka Museum Betawi

Museum Betawi buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Media interaktif di Museum Betawi, Perkampungan Budaya Betawi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Media interaktif di Museum Betawi, Perkampungan Budaya Betawi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023).

Jika membutuhkan bantuan pemandu, pengunjung bisa datang ke meja registrasi untuk minta bantuan pendampingan selama berkeliling museum.

Harga tiket masuk Museum Betawi

Tidak ada biaya masuk yang perlu dibayar jika hendak berkunjung ke Museum Betawi, alias gratis.

Baca juga:

"Masuknya gratis, hanya saja pengunjung harus registrasi dulu untuk data pengunjung," kata petugas Museum Betawi, Fera, kepada Kompas.com di lokasi, Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com