Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Si Pitung, Jejak Sang Legenda Betawi di Marunda

Kompas.com - 23/12/2023, 14:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama "Si Pitung" mungkin terdengar tak asing, khususnya bagi masyarakat Betawi. Ia pun dijuluki Robin Hood van Batavia.

Dalam film Si Pitung tahun 1970, sosoknya digambarkan berpeci, berangkul sarung, dan berpakaian khas Betawi. Pitung merampok Pemerintah Hindia Belanda, namun menolong masyarakat yang tertindas sehingga ia menjadi buronan waktu itu.

Baca juga: Wisata ke Rumah Si Pitung: Lokasi, Tiket Masuk, dan Tips Berkunjung

"Tokohnya (di film) gagah ya, jadi orang awam tahunya visual Pitung seperti itu. Ia ganteng, gagah, tinggi," tutur Pemandu dari Wisata Kreatif Jakarta, Ira Lathief saat acara "Giveaway Tur Rumah Si Pitung" di Marunda, Jakarta Utara, Jumat (22/12/2023).

Jika ingin tahu lebih jauh soal sang legenda yang jago silat ini, wisatawan bisa mengunjungi Rumah Si Pitung di Marunda, Jakarta Utara. Namun, rumah ini bukanlah tempat tinggal Pitung.

"Rumah ini sebenarnya bukan rumah si Pitung. Rumah ini dibangun sama Bapak Haji Safiuddin," kata Pemandu Rumah Si Pitung, Tama, dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Taman Benyamin Sueb, Mengenang Seniman Legendaris Betawi

Salah satu sisi di bagian dalam Rumah Si Pitung di Marunda, Jakarta Utara, pada Jumat (22/12/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Salah satu sisi di bagian dalam Rumah Si Pitung di Marunda, Jakarta Utara, pada Jumat (22/12/2023).

Menurut cerita penduduk sekitar Rumah Si Pitung, lanjutnya, Haji Safiuddin merupakan pedagang asal Makassar, Sumatera Selatan, yang membangun rumah di daerah Marunda. 

"Zaman dulu rumah Bapak Safiuddin ini yang paling besar," tuturnya. 

Adapun rumah panggung berbahan kayu ulin ini menjadi salah satu tempat persembunyian Pitung jika dikejar-kejar oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com