Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Replika Tanah Suci dengan Kabah hingga Masjid Nabawi

Kompas.com - 07/01/2024, 09:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Ada satu tempat wisata baru di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yakni Kompleks Wisata Edukasi Religi.

Tempat ini sebenarnya sudah jadi pada Desember 2023. Namun, baru dibuka untuk umum mulai Senin (1/1/2024), tepat dengan datangnya tahun baru.

Kompas.com pun tidak melewatkan hari pertama pembukaan untuk umum Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali ini.

Baca juga: Mandi bagai Raja di Umbul Tirtomulyo Boyolali, Ini Harga Tiket dan Jam Bukanya

Berkunjung sekitar pukul 09.00 WIB, tempat wisata religi ini sudah ramai wisatawan. Rata-rata datang secara rombongan naik bus atau kereta kelinci.

Usai memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang (dewasa atau umum), Kompas.com segera masuk ke dalam.

Replika Tanah Suci di Boyolali

Begitu masuk ke dalam, Kompas.com disuguhi pemandangan seperti sedang berada di Tanah Suci, Arab Saudi.

Terdapat bangunan replika Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, lengkap dengan Hajar Aswad dan Maqam (jejak kaki) Nabi Ibrahim.

Replika Masjid Nabawi di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Replika Masjid Nabawi di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).

Tak hanya itu, ada pula tempat-tempat yang dikunjungi pada jemaah ibadah Haji dan Umrah, seperti Bukit Sofa dan Marwah, Jamarat (tempat lempar jumrah), Padang Arafah, Jabal Rahmah, hingga Masjid Nabawi.

Wisatawan bisa mengunjungi satu per satu tempat-tempat tersebut, seperti seolah sedang melakukan rangkaian ibadah Haji.

Baca juga: Jalur Magelang-Boyolali yang Sejuk dan Indah di Antara Dua Gunung

Bahkan saat Kompas.com berkunjung, sedang ada rombongan yang tengah melakukan latihan untuk ibadah Umrah sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Belajar seputar Tanah Suci di Boyolali

Adanya Kompleks Wisata Edukasi Religi ini pun membuat masyarakat yang beragama Islam bisa mempelajari seputar Haji dan Umrah dengan lebih mudah.

Tak hanya melalui buku, masyarakat kini bisa belajar dan seolah latihan langsung di Tanah Suci, seputar rangkaian ibadah Haji dan Umrah.

Replika Jabal Rahmah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Replika Jabal Rahmah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).

Selain itu, masyarakat juga bisa belajar sejarah tempat-tempat ikonik di Wisata Edukasi Religi Boyolali ini, seperti Jabal Rahmah yang jadi tempat pertemuan kembali Nabi Adam dan Siti Hawa usai diturunkan ke bumi.

Jika ingin berkunjung ke Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, maka jam bukanya adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Baca juga: 5 Wisata Dekat Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Bisa Berenang

"Setiap Senin tutup, kecuali 1 Januari 2024, untuk pembersihan," kata staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Boyolali Ida Harminingtyas kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Jumat (29/12/2023).

Adapun untuk harga tiket masuknya, dibanderol seharga Rp 20.000 untuk dewasa atau umum dan Rp 10.000 untuk pelajar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com