Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Kolaborasi Budaya Jawa dan China di Festival Naga Saloka Theme Park Saat Imlek 2024

Kompas.com - 11/02/2024, 08:27 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Pertarungan antara Naga Loka melawan Naga Barongsai tersaji di Festival Naga dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2024.

The Loka Warrior Show tersebut menjadi pertunjukan yang dinantikan pengunjung Saloka Theme Park yang berada di kawasan Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.

Pertunjukkan ini menggabungkan budaya China dan Jawa dengan pemeran utamanya Naga Loka dan Naga Barongsai sambil diselingi tarian-tarian di tengah pementasannya.

Baca juga: Asal-usul Tahun Baru Imlek dan Makna Tahun Naga Kayu

"Pertunjukan ini menceritakan tentang Naga Loka yang menjadi penyelamat di sebuah desa yang harus berperang melawan kejahatan," kata Haryo Priambodo, Marketing and Partnership Manager Saloka Theme Park kepada Kompas.com, Sabtu (10/2/2024).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain itu, pengunjung juga disuguhkan pertunjukkan barongsai sekaligus bisa berfoto bersama dan menerima angpao dari barongsai sebelum pulang kembali ke rumah. Haryo mengatakan, Festival Naga diselenggarakan mulai 8-11 Februari 2024.

"Saloka ingin menjadi tempat one stop pleasure untuk momen liburan pengunjung saat Imlek dengan berbagai hiburan dan pertunjukkan," jelasnya.

Imlek 2024 di Saloka Theme Park

Saat di pelataran parkir, nuansa Imlek sudah sangat terasa. Pengunjung disambut gapura merah Imlek yang berlatar belakang patung Loka raksasa.

"Ada juga naga raksasa yang akan menyambut kedatangan pengunjung setelah loket pembelian tiket. Naga dengan perpaduan warna merah dan kuning ini memiliki panjang hingga 20 meter," ujarnya.

Pertunjukan barongsai memeriahkan Festival Naga di Saloka Theme ParkKOMPAS.com/Dian Ade Permana Pertunjukan barongsai memeriahkan Festival Naga di Saloka Theme Park

Kemudian saat pengunjung masuk ke dalam taman dan memulai petualangan bermain wahana, Naga Liong dan Barongsai yang diiringi dengan tabuhan musik tambur beratraksi menyambut di pintu kedatangan.

"Selain meriahnya dekorasi, berbagai pertunjukkan khas Imlek juga ditampilkan sepanjang hari untuk menemari momen liburan Imlek para pengunjung Saloka," kata Haryo.

Baca juga: Imlek 2024 di Taman Safari Bogor, Pengunjung Takut Barongsai Malah Jadi Suka

Pengunjung Saloka asal Kota Semarang Ari mengaku terkesima dengan pertunjukan yang disajikan dalam Festival Naga.

"Para pemainnya sangat bersemangat, jadi energinya terasa hingga ke penonton. Apalagi panggungnya juga bagus, backgroundnya keren," ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com