Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Tutup, Gunung Telomoyo via Pagergedog Buka Lagi 24 Februari 2024

Kompas.com - 23/02/2024, 14:02 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Setelah ditutup sekira satu bulan, wisata Gunung Telomoyo via Pagergedog, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akan buka lagi, Sabtu (24/2/2024).

Kepala Desa Sepakung, Ahmad Nuri mengatakan bahwa pembukaan wisata Telomoyo dimulai pukul 06.00 WIB.

"Sempat ditutup satu bulan karena kemarin itu ada bencana (akhir Januari 2024), jalanan berbahaya kalau dilewati. Setelah dilakukan perbaikan dan perawatan, sekarang kembali dibuka lagi," ujarnya, Jumat (23/2/2024).

Baca juga: Jangan Kecele, Wisata Gunung Telomoyo Masih Tutup Saat Pemilu

Nuri mengimbau pengunjung Telomoyo untuk selalu mengutamakan faktor keamanan. Pengunjung bersepeda motor harus memperhatikan pengereman saat turun dari puncak.

"Jangan memaksakan turun langsung, lebih baik berhenti dulu di spot yang tersedia untuk mendinginkan pengereman sembari melihat pemandangan," ujarnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Selain itu juga bawa jas hujan karena sekarang musim penghujan dan cuaca tak bisa ditebak. Hati-hati juga jika berpapasan dengan kendaraan lain, laporkan kepada petugas jika ada hal yang tidak diinginkan," ujarnyanya.

Telomoyo via Dalangan masih tutup

Meski jalur wisata Gunung Telomoyo via Pagergedog sudah akan buka, tidak dengan jalur wisata via Dalangan, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Diterjang Cuaca Buruk, Gunung Telomoyo Tutup Sementara

"Besok masih belum buka," kata seorang pengelola wisata Gunung Telomoyo via Dalangan bernama Edi Sutrisno kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Ia juga mengirimkan video kepada Kompas.com yang menampilkan masyarakat setempat sedang membersihkan longsoran.

Kendaraan bisa sampai puncak

Puncak Gunung Telomoyo menjadi salah satu favorit masyarakat pecinta alam. Jalur gunung setinggi 1.894 mdpl ini memang memiliki keunikan yang tak dimiliki gunung lain.

Puncak Gunung Telomoyo menjadi tempat favorit pemburu sunrise dan lautan awanKOMPAS.com/Dian Ade Permana Puncak Gunung Telomoyo menjadi tempat favorit pemburu sunrise dan lautan awan

Karena sudah beraspal, pengunjung bisa naik kendaraan bermotor hingga ke puncak Pemancar.

Gunung Telomoyo saat ini menjadi tujuan para pemburu sunrise. Apalagi, pemandangan yang disajikan tak kalah dengan gunung lainnya.

Baca juga: Itinerary Pendakian Gunung Telomoyo via Arsal, Bisa Berangkat Sore

Dari Telomoyo, wisatawan bisa melihat gunung Sindoro, Sumbing, Muria, Merbabu, Andong, Lawu, dan Merapi. Selain itu, juga bisa melihat Rawa Pening dari ketinggian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com