Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran 2024, Lebih dari 120.000 Wisatawan Kunjungi Banyuwangi

Kompas.com - 20/04/2024, 16:46 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 126.141 wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada periode libur Lebaran 2024 dari Jumat (5/4/2024) sampai Senin (15/4/2024).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersyukur suasana liburan tetap kondusif dan aman meskipun ada lonjakan wisatawan di seluruh destinasi.

Baca juga:

"Terima kasih untuk semua wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata Banyuwangi. Semoga bisa menjadi pengalaman berlibur yang berkesan, dan kami tunggu kedatangannya kembali," kata Ipuk, dikutip dari Antara, Sabtu (20/4/2024).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Taufiq Rahman mengatakan, wisatawan mulai ramai ke sejumlah tempat wisata pada H+2 Lebaran, Kamis (11/4/2024). 

Jumlah kunjungan wisatawan pun terus mengalami kenaikan hingga puncaknya pada Minggu (14/4/2024).

Baca juga: Wisata Umbul Bening Banyuwangi: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Pemandangan Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (20 Oktober 2020).KOMPAS.COM/AHMAD SU'UDI Pemandangan Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (20 Oktober 2020).

"Pengunjung wisata datang dari berbagai kota, sekaligus ada yang mudik. Turis asing juga tercatat ada 180 wisatawan," ucap Taufiq.

Adapun tempat wisata yang paling banyak didatangi adalah Pantai Marina Boom sebanyak 37.878 orang, disusul oleh Pantai Pulau Merah sebanyak 15.491 orang.

Selanjunya juga ada Wisata Hutan de Djawatan yang dikunjungi 10.223 orang. 

Baca juga: Rute ke Taman Gandrung Terakota dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Lonjakan wisatawan juga terlihat di tempat wisata lainnya, antara lain Pantai Grand Watudodol, Pemandian alami Jopuro, Pemandian Tamansuruh, Pantai Blimbingsari, Sendang Seruni, dan Air Terjun Telunjuk Raung Mangaran.

Selama libur Lebaran 2024, diadakan pula beragam atraksi seni dan budaya, antara lain Seblang Olehsari, Sendratari Meras Gandrung, dan Barong Ider Bumi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com