Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal 2023, Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Naik 100 Persen

Kompas.com - 29/12/2023, 19:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengalami peningkatan saat periode libur Natal 2023 dibanding biasanya.

Menurut Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, terdapat lebih dari 85.000 wisatawan melancong ke sejumlah tempat wisata di kabupaten tersebut periode dari Jumat (22/12/2023) sampai Selasa (26/12/2023). Peningkatannya pun sebesar 100 persen.

Baca juga: Asrama Inggrisan di Banyuwangi akan Direvitalisasi Jadi Wisata Heritage

"Alhamdulillah seluruh destinasi wisata di Banyuwangi ramai saat libur Natal, banyak wisatawan luar kota berlibur ke sini. Tentunya ini berdampak pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) kami karena banyak pengunjung yang berbelanja," jelas Ipuk, dikutip dari Antara, Jumat (29/12/2023).

Sebagai informasi, data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi menunjukkan, Pantai Boom Marina jadi tempat wisata yang paling diminati.

Baca juga:

Pemandangan Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (20 Oktober 2020).KOMPAS.COM/AHMAD SU'UDI Pemandangan Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (20 Oktober 2020).

Pada periode tersebut, tercatat ada 13.341 wisatawan yang mengunjungi Pantai Boom Marina, atau mengalami kenaikan sebesar 200 persen dibanding hari biasa.

Tempat wisata yang paling diminati kedua adalah Pantai Pulau Merah dengan 11.638 pengunjung, disusul Banyuwangi Park dengan 7.937 pengunjung, dan Taman Wisata Alam Gunung Ijen dengan 7.612 pengunjung.

Selanjutnya ada Hutan De Djawatan dengan 5.972 pengunjung dan Pantai Cacalan dengan 5.565 pengunjung. 

Baca juga: Taman Gandrung Terakota Banyuwangi: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Paket

Adapun bila diakumulasikan, tercatat ada 85.763 wisatawan yang liburan ke Kabupaten Banyuwangi selama libur Natal 2023. 

"Masih ada libur tahun baru, kami siap menerima wisatawan, dan kami sudah memerintahkan dinas-dinas untuk bersiap menghadapi wisatawan sejak awal Desember lalu, terutama menyiapkan kebersihan hingga perbaikan sarpras (sarana-prasarana) di destinasi. Semoga wisatawan yang ke Banyuwangi terkesan," terang Ipuk. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com