Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Taman Gandrung Terakota dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Kompas.com - 19/08/2023, 16:19 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang berlibur ke Banyuwangi, Jawa Timur, ada tempat wisata yang tak boleh dilewatkan yaitu Taman Gandrung Terakota.

Dikutip dari situs resminya, Taman Gandrung Terakota bertujuan melestarikan icon seni budaya Banyuwangi yaitu tari gandrung. Taman ini pun memiliki sekitar 1.000 patung penari gandrung yang terbuat dari tembikar atau terakota.

Baca juga:

“Ada 1.000 patung penari Gandrung tersebar di kolam, sawah, dan lain-lain,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda di lokasi, Kamis (10/8/2023).

Untuk diketahui, Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Cara ke Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota, bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman Gandrung Terakota, bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurut tour guide (pemandu) Banyuwangi, Elok perjalanan menuju kawasan Taman Gandrung Terakota dapat dilalui dengan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

“Untuk masuk ke kawasan, bus besar tidak bisa masuk, harus pindah ke mobil yang lebih kecil, sewa dari luar,” kata Elok.

Bagi yang sudah menggunakan bus dan tidak bisa masuk ke area parkir di Taman Gandrung Terakota, dapat berhenti di rest area Tamansari.

Selanjutnya, pihak pengelola Taman Gandrung Terakota akan membantu dengan shuttle bus untuk naik ke atas, dengan biaya tambahan mulai Rp 10.000 per orang.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com