Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamasya ke Pantai Bama, Tempat Lihat Sunrise di Ujung TN Baluran

Kompas.com - 19/08/2023, 13:18 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Berkunjung ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur, kurang lengkap jika tidak menjelajahi semua tempat wisata di dalamnya. 

Meski yang populer di taman nasional ini adalah sabana khas Afrika, rupanya Baluran juga memiliki daya tarik lain. Salah satu yang patut dikunjungi wisatawan adalah Pantai Bama, letaknya agak tersembunyi di balik hutan belantara di ujung Taman Nasional Baluran.

Baca juga:

Pada Rabu (8/9/2023) lalu, Kompas.com berkesempatan mengunjungi pantai yang berada di perbatasan wilayah antara Situbondo dan Banyuwangi ini. 

Bersama rombongan lainnya dalam acara BCA Media Gathering 9-12 Agustus 2023, Kompas.com berpindah dari Savana Bekol menuju Pantai Bama yang berjarak sekitar tiga kilometer (km) .

Setelah melalui perjalanan yang cukup mulus dan sudah beraspal meski ada beberapa kerikil, rombongan tiba di Pantai Bama sekitar pukul 17.20 WIB. 

Bersantai di Pantai Bama

Pantai Bama masih asri dan terjaga. Dari jauh, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih dan air jernih.

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pantai Bama di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur.

Dari area parkir, terlihat beberapa kapal wisata merapat di pinggir pantai. Namun, sepertinya Kompas.com datang terlalu sore sehingga kapal-kapal juga tidak membawa penumpang. 

Sore itu angin berembus cukup kencang dan langit cukup cerah. Sayangnya, pantai ini menghadap ke arah timur sehingga pengunjung tidak dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam (sunset), namun pengunjung tetap bisa menikmati panorama matahari terbit (sunrise).

Kompas.com pun memutuskan duduk-duduk di pinggir pantai, di antara kursi batang pohon yang sudah disediakan pengelola. Ada juga ayunan yang bisa dinaiki sembari bersantai menikmati suasana.

Baca juga:

Selain keindahan pantai dan pasir putihnya, kami juga disambut oleh kawanan kera abu-abu ekor panjang. Jumlahnya tidak terlalu banyak, sekitar tiga sampai empat ekor kera yang beraktivitas di area pantai. 

Selain rombongan kami, hanya ada satu keluarga terdiri dari ibu, ayah, dan anak-anak yang sedang bermain pasir di pinggir pantai. 

Sepertinya lokasi yang berada di ujung taman nasional membuat pantai ini tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan, apalagi jika sudah menjelang malam hari.  

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com