Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas di Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Foto dengan Gandrung

Kompas.com - 18/08/2023, 20:53 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, punya berbagai potensi wisata mulai dari alam hingga buatan. Tak hanya Kawah Ijen yang sudah populer, ada juga desa wisata yang menarik dikunjungi.

Salah satu desa wisata yang bisa dikunjungi adalah Desa Wisata Tamansari. Letaknya ada di Kecamatan Licin, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

Baca juga:

Desa wisata ini menawarkan atraksi-atraksi wisata berbasis alam, budaya, dan produk ekonomi kreatif warga. Kedekatannya dengan Kawah Ijen juga membuat Tamansari sering dijadikan persinggahan para pendaki.

"Ada aktivitas pabrik membuat belerang dari Kawah Ijen, ada Sendang Seruni, Taman Gandrung Terakota," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda di lokasi, Kamis (10/8/2023) lalu. 

Sendang Seruni, wisata mata air jernih yang merupakan bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur. Dok. BCA Sendang Seruni, wisata mata air jernih yang merupakan bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, dari yang awalnya Desa Wisata Tamansari hanya jadi tempat singgah sesaat, semakin lama wisatawan semakin menikmati atraksi yang disediakan dan tinggal lebih lama. 

Tak hanya itu, dengan kerjasama masyarakat setempat dan pemerintah daerah, desa binaan PT Bank Central Asia (BCA) sejak 2016 ini berhasil meraih belasan penghargaan.

"Tahun 2021 dinobatkan sebagai desa digital terbaik se-Indonesia (penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)," tuturnya.

Baca juga: Jadwal Kereta Surabaya-Banyuwangi dan Harga Tiketnya, Mulai Rp 56.000

Aktivitas di Desa Wisata Tamansari

Jika tertarik untuk berkunjung, berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berlibur ke Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi. 

1. Bermain air di Sendang Seruni

Wisata Sendang Seruni di Desa Tamansari, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur.Dok. Kemenpar Wisata Sendang Seruni di Desa Tamansari, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sendang Seruni merupakan wisata alam mata air jernih yang berasal dari pegunungan. Kolamnya dikelilingi hutan dan tanaman bunga seruni, area hijau persawahan, dan hutan pinus.

"Sendang Seruni konon kalau minum airnya atau mandi (di kolam) dapat menghilangkan capek, (membuat) awet muda, membawa kesejukan," kata Yanuar. 

Tak hanya kolam, Sendang Seruni juga menyediakan sejumlah fasilitas, seperti pendopo, gazebo, taman, mushala, toilet, pancuran mata air, penginapan, dan warung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).

Untuk masuk ke kawasan Sendang Seruni, wisatawan harus membayar tarif mulai Rp 7.500 per orang.

Baca juga: 10 Kampung Pelangi di Indonesia, dari Banyuwangi hingga Balikpapan 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com