Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampung Pelangi di Indonesia, dari Banyuwangi hingga Balikpapan 

Kompas.com - 25/07/2023, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kampung Pelangi menjadi salah satu destinasi wisata unik di Indonesia. Obyek wisata ini berupa kawasan hunian dengan bangunan berwarna-warni, mulai dari rumah, warung, jalan, hingga jembatan.

Kamu bisa menjumpai beberapa Kampung Pelangi di Indonesia, yang tersebar di berbagai kota. Tidak hanya di Pulau Jawa, ada Kampung Pelangi yang berada di Pulau Kalimantan. 

Baca juga:

Kompas.com merangkum daftar Kampung Pelangi di Indonesia, sebagai berikut.

1. Kampung Jodipan, Malang 

Ilustrasi Malang - Tempat wisata Kampung Warna-warni Jodipan di Kota Malang.SHUTTERSTOCK / AKHMAD DODY FIRMANSYAH Ilustrasi Malang - Tempat wisata Kampung Warna-warni Jodipan di Kota Malang.

Kampung Jodipan adalah salah satu Kampung Pelangi yang populer di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Juanda Nomor 9 Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kampung Jodipan menjadi salah satu obyek wisata favorit di Kota Malang. Pengunjung akan menjumpai kampung tematik yang dihiasi cat warna-warna cerah.

Ada beragam spot foto Instagramable di Kampung Jodipan, seperti lorong payung, jembatan kaca, tangga warna-warni, dan sebagainya. Tak heran, Kampung Jodipan banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Kota Apel.

2. Kampung Bulak, Surabaya 

Kampung Bulak merupakan kampung nelayan yang berada di Kecamatan Bulak, Surabaya. Dulunya, kampung ini merupakan kawasan kumuh yang berada di pesisir pantai.

Namun, kini Kampung Bulak tampak berbeda. Rumah-rumah warna dicat warna-warni sehingga tampak rapi, seperti dikutip dari Tribun News Surabaya.

Selain itu, sudah dibangun tanggul megah di pinggir pantai yang berbatasan dengan rumah warga. Kini, kampung nelayan yang berbatasan langsung dengan Jembatan Surabaya itu menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Pahlawan.

3. Kampung Warna-warni Kalilo, Banyuwangi

Kampung Warna-warni Kalilo, BanyuwangiWikimedia Commons Kampung Warna-warni Kalilo, Banyuwangi

Selain wisata alam yang menawan, Banyuwangi ternyata memiliki Kampung Pelangi, yakni Kampung Warna-warni Kalilo. Lokasinya berada di Jalan Kalilo, Singonegaran, Banyuwangi. 

Kampung Warna Warni Kalilo merupakan area pemukiman padat penduduk yang berada di pusat Kota Banyuwangi. Tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kampung Warna-warni Kalilo.

Pengunjung akan menjumpai rumah-rumah hingga fasilitas publik yang dicat warna-warni. Lokasi tersebut menjadi spot foto Instagramable.

4. Kampung Pelangi, Semarang

Kampung Pelangi SemarangShutterstock/Hani Santosa Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang memiliki nama asli Kampung Gunung Brintik. Kawasan ini dulunya merupakan perkampungan kumuh yang berisi sekitar 325 rumah dengan dinding bata merah tanpa plester dinding, seperti digambarkan Pemerintah Kecamatan Semarang Selatan lewat website resminya.

Kini, pengunjung Kampung Pelangi bisa menyaksikan rumah warni-warni cerah, mulai dari merah, kuning, biru, hijau seperti pelangi.

Kampung Pelangi masuk dalam wilayah Kelurahan Randusari, Kota Semarang. Letaknya berada tepat dibelakang Pasar Bunga Kalisari, Kota Semarang. Lokasinya cukup strategis, sekitar 850 meter dari Tugu Muda Semarang atau bisa jalan kaki selama 7 menit.

Baca juga:

5. Kampung Bejalen, Ambarawa 

Sejumlah rumah warga di Desa Bejalen, Ambarawa, Kabupaten Semarang dicat warna-warni sehingga tampak menarik. Kampung Bejalen ini berada di seberang Benteng Willem I atau yang dikenal dengan nama Benteng Pendem.

Setelah ditata, Kampung Bejalen kini menjadi salah satu destinasi wisata di Ambarawa. Selain berfoto, pengunjung bisa menginap di homestay yang tersedia untuk melanjutkan perjalanan wisata di Ambarawa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com