Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, dari Gandrung hingga Mata Air

Kompas.com - 18/08/2023, 16:39 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi memiliki banyak potensi. Terletak di Kecamatan Licin dan dekat dari Kawah Ijen, desa ini mempunyai daya tarik alam, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), dan budaya.

Beberapa contoh daya tarik tersebut, antara lain situs budaya Taman Gandrung Terakota dan mata air jernih yang menyegarkan yaitu Sendang Seruni. 

Baca juga:

"Ada Kawah Ijen kekuatan utama di Banyuwangi, Sendang Seruni, dan Taman Gandrung Terakota berisi 1.000 patung gandrung," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda di lokasi, Kamis (10/8/2023). 

Sebagai informasi, jarak Desa Wisata Tamansari ke Kawah Ijen sekitar 17-20 kilometer (km), dengan waktu tempuh 40-60 menit.

Tak heran jika Desa Wisata Tamansari juga dapat menjadi persinggahan wisatawan sebelum ataupun sesudah berkunjung ke Kawah Ijen.

Terakota Taman Gandrung dengan 1.000 patung penari

Desa Wisata Tamansari memiliki sejumlah obyek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan, salah satunya situs budaya Taman Gandrung Terakota yang berisikan 1.000 patung tembikar penari gandrung. 

"Di sana setiap bulan ada sendratari Meras Gandrung," kata Yanuar. 

Taman Gandrung Terakota, bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman Gandrung Terakota, bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur.

Di situs budaya ini, 1.000 patung penari gandrung tersebut tersebar di sekitar amfiteater dan persawahan. Gandrung pun telah menjadi identitas budaya asli dan icon kota Banyuwangi.

Wisatawan juga dapat menemukan bukit hijau dan hamparan sawah dengan sejumlah fasilitas pendukung, mulai dari galeri seni rupa, amfiteater terbuka sendratari, sawah, restoran, hingga kolam.

Untuk diketahui, Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga:

Perjalanan menuju kawasan Taman Gandrung Terakota dapat dilalui dengan kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat.

Adapun jarak tempuh dari Banyuwangi (kota) menuju Taman Gandrung Terakota adalah sekitar 23 km dengan membutuhkan waktu 44 menit. 

Sementara itu, jarak tempuhnya dari Bandara Blimbingsari sekitar 37 km dengan membutuhkan waktu 1 jam 4 menit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com