Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Spot Foto di Taman Nasional Baluran, Ada Pohon Raisa dan Tengkorak

Kompas.com - 18/08/2023, 12:52 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada banyak tempat wisata alam yang masih terjaga di Banyuwangi, salah satunya Taman Nasional Baluran yang terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sekitar 40 persen dari lahan Taman Nasional Baluran berupa sabana, tapi ada juga pantai dan hutan mangrove. 

Baca juga:

"Ada hewan-hewan yang tinggal di sini, banyaknya banteng, kerbau, rusa, bison, ular, dan monyet," ujar tour guide (pemandu) Jendela Wisata bernama Bowo, saat agenda BCA Media Gathering di Banyuwangi, Rabu (9/8/2023).

Meski para satwa tidak selalu bisa ditemukan dalam jumlah banyak dan dari jarak dekat, padang sabana di tempat ini yang mirip di Afrika sudah sangat memanjakan mata. 

Banyak wisatawan yang datang untuk berfoto ataupun membuat konten video, terutama di spot-spot yang sudah disediakan oleh pengelola. 

Rekomendasi spot foto di TN Baluran

Berikut beberapa spot foto yang direkomendasikan dan populer di dalam Taman Nasional Baluran, termasuk Savana Bekol dan Pantai Bama, dari pengamatan Kompas.com saat berkunjung pada Rabu (9/8/2023) lalu. 

1. Pohon akasia

Savana Bekol di Taman Nasional Baluran, Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Savana Bekol di Taman Nasional Baluran, Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur.

Spot pertama yang biasanya menjadi tempat pemberhentian agen perjalanan dan wisatawan adalah di pohon akasia di Savana Bekol. 

Menurut pemandu wisata setempat, area tersebut pernah dijadikan syuting video klip salah seorang penyanyi Indonesia, Raisa sehingga dijuluki sebagai "Pohon Raisa".

Akasia merupakan pohon jenis semak-semak yang berasal dari Afrika. Bentuknya yang cantik di antara rerumputan kering dan semak belukar membuatnya sering dijadikan latar berfoto. 

Baca juga: Menikmati Sunset di Taman Nasional Baluran, Sepotong Afrika di Jawa

2. Kursi dari batang pohon

Spot foto di Taman Nasional Baluran di Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Spot foto di Taman Nasional Baluran di Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur.

Berpindah ke spot selanjutnya, masih di Savana Bekol, dengan banyak spot foto duduk yang dibuat dari batang pohon. 

Spot ini juga populer karena menjadi tempat bagi wisatawan ingin berfoto dengan latar pegunungan, matahari, dan ada beberapa batang pohon sebagai dudukan. 

Baca juga: Taman Nasional Baluran: Harga Tiket dan Aturan Masuk Terkini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com