Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo, Tawarkan Aktivitas di TN Baluran

Kompas.com - 12/08/2023, 19:33 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan yang tertarik menjelajahi Taman Nasional (TN) Baluran di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bisa mengunjungi Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo

Pasalnya, desa yang masuk babak 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 ini merupakan salah satu desa penyangga taman nasional tersebut. Desa ini juga menawarkan sejumlah aktivitas di TN Baluran.

Baca juga:

Tidak hanya itu, desa yang dapat dicapai dengan berkendara selama kira-kira 1,5 jam dari Banyuwangi ini juga menawarkan daya tarik lain yaitu keberagaman dan toleransi.

"Di sini toleransi warga luar biasa. Keberagamannya dirayakan dengan penuh rasa nasionalisme dan kebangsaan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (12/8/2023).

Kedua aspek tersebut salah satunya tercermin dari seni tari yang ditawarkan, tepatnya Tari Jagat Kahuripan. Tarian tersebut memadukan kesenian dari beragam suku di Situbondo, antara lain jawa, osing, dan bali.

Aktivitas alam di Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo

Ilustrasi Taman Nasional Baluran. Salah satu desa wisata yang jadi desa penyangga taman nasional ini adalah Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo yang masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Taman Nasional Baluran. Salah satu desa wisata yang jadi desa penyangga taman nasional ini adalah Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo yang masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Ada beberapa aktivitas alam yang ditawarkan oleh pihak Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo yang umumnya berlokasi di TN Baluran, antara lain mengamati satwa liar, serta fotografi dan videografi. 

Dilansir dari laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Sabtu (12/8/2023), tarifnya bervariasi mulai dari Rp 600.000.

Selain itu, ada juga paket snorkeling, memancing, berkemah di Pantai Pandean, dan paket menjelajahi beberapa tempat wisata alam yang ada.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com