Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hawaii, Kota Bersejarah Ini Luluh Lantak 

Kompas.com - 12/08/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kebakaran hutan melanda Pulau Maui, yang merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii, AS, pada Selasa (8/8/2023). Musibah tersebut turut meluluhlantakkan Kota Lahaina yang merupakan kota bersejarah, seperti dilansir dari ABC News.

Setidaknya sebanyak 53 korban meninggal dunia dalam kebakaran tersebut, berdasarkan data The Associated Press (AP) per Jumat (11/8/2023). Beberapa kapal wisata yang berlabuh di tepi pantai, juga tidak lepas dari kobaran api.

Bahkan, musibah tersebut diklaim sebagai bencana paling mematikan di negara bagian itu sejak tsunami 1960 lalu. Hingga kini, otoritas setempat masih menyelidiki penyebab kebakaran hutan.

“Lahaina, dengan sedikit pengecualian, telah terbakar habis,” kata Gubernur Hawaii Josh Green, dilansir dari The Associated Press.

Baca juga:

Sejarah Kota Lahaina 

Pemandangan Kota Lahaina, di Maui, Hawaii sebelum musibah kebakaranShutterstock/Zane Vergara Pemandangan Kota Lahaina, di Maui, Hawaii sebelum musibah kebakaran

Lahaina merupakan sebuah kota bersejarah yang berada di sisi barat Pulau Maui. Kota Lahaina pernah menjadi ibu kota Kerajaan Hawaii pada periode 1820 hingga 1845, sebelum Kepulauan Hawaii menjadi negara bagian AS. 

Kota pelabuhan ini masuk dalam daftar Tempat Bersejarah Nasional sejak 1962, berdasarkan informasi dari ABC News. Sekitar 55 hektare lahan di Lahaina ditetapkan sebagai distrik bersejarah, seperti dilansir dari Go Hawaii. 

Selain tempat bersejarah, Kota Lahaina juga terkenal sebagai pelabuhan perburuan paus, berdasarkan informasi dari wesbite Hawaii Guide dan Go Hawaii.

Baca juga:

Lahaina merupakan tempat perburuan paus yang bersejarah selama ledakan perburuan paus di pertengahan 1800-an. Melansir dari Go Hawaii, sekitar 1.500 pelaut yang menaiki 400 kapal mendatangi Lahaina untuk menyaksikan kegiatan perburuan paus.

Saat ini, Kota Lahaina merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kepulauan Hawaii. Ada beragam aktivitas wisata di Lahaina, antara lain mengunjungi situs bersejarah, diving, surfing, dan snorkeling di pantai, berjalan di kota, atau mengikuti tur melihat paus.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com