Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hawaii, Simak 6 Fakta Kota Lahaina yang Jadi Lokasi Kejadian

Kompas.com - 12/08/2023, 12:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kebakaran hutan melanda Kepulauan Hawaii, tepatnya di Kota Lahaina, Pulau Maui pada Selasa (8/8/2023). Kobaran api merambah ke wilayah perkotaan, sehingga membuat sekitar 1.000 bangunan luluh lantak, seperti dilansir dari The Associated Press (AP).

Insiden tersebut juga menimbulkan 53 korban jiwa, berdasarkan data pada Jumat (11/8/2023). Beberapa kapal wisata yang berlabuh di tepi pantai, juga tidak lepas dari kobaran api.

Baca juga:

Bahkan, musibah tersebut diklaim sebagai bencana paling mematikan di negara bagian itu sejak tsunami 1960 lalu. Hingga kini, otoritas setempat masih menyelidiki penyebab kebakaran hutan.

“Lahaina, dengan sedikit pengecualian, telah terbakar habis,” kata Gubernur Hawaii Josh Green, dilansir dari The Associated Press.

Kota Lahaina merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kepulauan Hawaii. Berikut sejumlah fakta Kota Lahaina yang menarik untuk diketahui.

Pemandangan Kota Lahaina, di Maui, Hawaii sebelum musibah kebakaranShutterstock/Zane Vergara Pemandangan Kota Lahaina, di Maui, Hawaii sebelum musibah kebakaran

Fakta Kota Lahaina

1. Di mana Lahaina? 

Lahaina merupakan sebuah kota yang berada di sisi barat Pulau Maui, pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii. Kota pelabuhan ini, berbatasan langsung dengan kawasan pantai.

Selain melalui jalur laut, wisatawan bisa mencapai Kota Lahaina melalui penerbangan ke Bandara Kahului, yang bisa ditempuh sekitar 50 menit.

2. Dulunya tempat perburuan paus 

Dulunya, Lahaina terkenal sebagai tempat perburuan paus, berdasarkan informasi dari wesbite Hawaii Guide dan Go Hawaii.

Lahaina merupakan tempat perburuan paus yang bersejarah selama ledakan perburuan paus di pertengahan 1800-an. Melansir dari Go Hawaii, sekitar 1.500 pelaut yang menaiki 400 kapal mendatangi Lahaina untuk menyaksikan kegiatan perburuan paus.

Salah satunya adalah Herman Melville, senorang penulis yang mengabadikan era perburuan paus tersebut dalam novel klasik berjudul, Moby Dick.

Baca juga:

3. Bekas ibu kota Kerajaan Hawaii 

Lahaina memiliki peran penting bagi Kepulauan Hawaii. Kota ini pernah menjadi ibu kota Kerajaan Hawaii pada awal abad ke-19, tepatnya pada 1820 hingga 1845. 

Sebelum menjadi negara bagian AS, Hawaii merupakan sebuah kerajaan pada periode  1795 hingga 1893. Setelah sempat beberapa kali berganti bentuk pemerintahan, Hawaii akhirnya resmi menjadi negara bagian AS pada  21 Agustus 1959. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com