Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Bama di TN Baluran: Lokasi, Jam Buka, Tiket, dan Fasilitas

Kompas.com - 19/08/2023, 11:28 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Nasional (TN) Baluran di Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur, tidak hanya memiliki lanskap sabana layaknya di Afrika.

Di ujung taman nasional ini, wisatawan bisa menemukan sebuah pantai. Namanya Pantai Bama, yang berjarak sekitar tiga kilometer (km) dari Savana Bekol. 

Baca juga:

“Pantai Bama ada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Kira-kira delapan km dari pintu masuk,” ujar tour guide (pemandu) Banyuwangi, Elok kepada Kompas.com, Rabu (9/8/2023) lalu.

Pantai ini menawarkan pemandangan air laut biru yang tenang, pasir putih yang lembut, dan beberapa monyet ekor panjang yang bisa ditemui di sekitar pantai. 

Tak hanya itu, Pantai Bama juga dikelilingi oleh tanaman mangrove. Elok mengatakan, wisatawan bisa menyaksikan langsung tumbuhan mangrove dengan melewati jembatan pandang.

Biasanya wisatawan akan mengakhiri perjalanan mereka di Taman Nasional Baluran dengan singgah di Pantai Bama. Sembari bersantai melepas penat, mereka bisa bermain pasir, merasakan air laut, snorkeling, atau menikmati kuliner. 

Lokasi, jam buka, harga tiket masuk Pantai Bama

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pantai Bama di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi-Situbondo, Jawa Timur.

Secara administrasi, Pantai Bama berlokasi di area Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

Untuk sampai ke lokasi pantai, wisatawan harus masuk melewati gerbang Taman Nasional Baluran di Jalan Banyuwangi-Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju ke Pantai Bama berjarak sekitar delapan km. Sepanjang jalan, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan Taman Nasional Baluran, salah satunya dari Savana Bekol. 

Jam operasional pantai ini adalah mengikuti Taman Nasional Baluran yaitu mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

Baca juga: 7 Oleh-oleh Banyuwangi Selain Makanan, Ada Miniatur Penari Gandrung

Meski beberapa fasilitas seperti penyewaan kapal sudah tidak beroperasi pada malam hari, wisatawan masih bisa berada di area tersebut hingga malam hari sekitar pukul 18.00 WIB untuk makan atau bersantai di warung. 

"Tiketnya sudah termasuk dengan tiket masuk ke Baluran. Wisatawan nusantara Rp 16.000 saat hari kerja, dan Rp 18.500 saat hari libur. Sama biaya parkir di Pantai Rp 5.000 per mobil," ujar Elok. 

Baca juga: Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, dari Gandrung hingga Mata Air

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com