Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute ke Taman Gandrung Terakota dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi

KOMPAS.com - Jika sedang berlibur ke Banyuwangi, Jawa Timur, ada tempat wisata yang tak boleh dilewatkan yaitu Taman Gandrung Terakota.

Dikutip dari situs resminya, Taman Gandrung Terakota bertujuan melestarikan icon seni budaya Banyuwangi yaitu tari gandrung. Taman ini pun memiliki sekitar 1.000 patung penari gandrung yang terbuat dari tembikar atau terakota.

  • Taman Gandrung Terakota Banyuwangi: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Paket
  • 5 Aktivitas di Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Foto dengan Gandrung

“Ada 1.000 patung penari Gandrung tersebar di kolam, sawah, dan lain-lain,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda di lokasi, Kamis (10/8/2023).

Untuk diketahui, Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurut tour guide (pemandu) Banyuwangi, Elok perjalanan menuju kawasan Taman Gandrung Terakota dapat dilalui dengan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

“Untuk masuk ke kawasan, bus besar tidak bisa masuk, harus pindah ke mobil yang lebih kecil, sewa dari luar,” kata Elok.

Bagi yang sudah menggunakan bus dan tidak bisa masuk ke area parkir di Taman Gandrung Terakota, dapat berhenti di rest area Tamansari.

Selanjutnya, pihak pengelola Taman Gandrung Terakota akan membantu dengan shuttle bus untuk naik ke atas, dengan biaya tambahan mulai Rp 10.000 per orang.

Jarak dari Bandara Blimbingsari atau Bandara Internasional Banyuwangi ke Taman Gandrung Terakota adalah sekitar 25 kilometer (km), dengan waktu tempuh hampir satu jam. 

Terdapat beberapa rute dari bandara ke tempat wisata tersebut. Salah satunya, jika berangkat dari Bandara Blimbingsari, kamu bisa keluar dari bandara lalu belok kanan ke Jalan Pantai Blimbingsari.

Setelah berkendara sejauh kira-kira dua km, belok kanan ke Jalan Ken Arok. Kemudian belok kiri ke Jalan Raya Karanganyar dan tetap di jalur kanan. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Nasional III.

  • Menikmati Sunset di Taman Nasional Baluran, Sepotong Afrika di Jawa
  • Taman Nasional Baluran: Harga Tiket dan Aturan Masuk Terkini

Kemudian belok kiri menuju Jalan Tambong, lalu belok kanan ke Jalan Licin. Setelah 3,9 km, belok kiri, belok kanan, lalu belok kiri ke Jalan Raya Lijen.

Lanjut belok kanan ke Jalan Tamansari, tetap di kanan sampai melewati papan Grand Harvest Resort & Villas.

Selanjutnya tetap di kanan sekitar 700 meter, dan kamu akan menemukan gerbang masuk Taman Gandrung Terakota di sebelah kanan.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/19/161949327/rute-ke-taman-gandrung-terakota-dari-bandara-blimbingsari-banyuwangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke