Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beach Jazz Festival 2023 di Banyuwangi, Dorong UMKM lewat Hiburan

Kompas.com - 21/12/2023, 12:40 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi berupaya mendorong UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) lokal, salah satunya lewat acara bertajuk Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023.

Digelar pada Minggu (17/12/2023) lalu di Pantai Boom Marina, acara ini juga sekaligus memperingati hari jadi Kabupaten Banyuwangi ke-252.

Baca juga: Batik Air Terbang Lagi dari Jakarta ke Banyuwangi, Tarif Rp 1,2 Jutaan

Adapun tiket Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023 bisa didapat dengan berbelanja UMKM lokal di Banyuwangi, minimal Rp 100.000.

"UMKM semua kami dorong. Contohnya Beach Jazz Festival, masyarakat yang nonton jazz mereka beli tiketnya berupa kupon yang dibelanjakan untuk UMKM," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat ditemui di Jakarta, Rabu (20/12/2023). 

Konsep tersebut, ia menjelaskan, bertujuan untuk memberdayakan UMKM di Banyuwangi agar mendapat berkah dari Banyuwangi Festival dan acara lainnya.

"Pada prinsipnya dalam event (acara) ini Pemkab Banyuwangi tidak menarik keuntungan. Kami ingin ini menjadi pesta rakyat, namun tetap berdampak pada pelaku ekonomi mikro," ujarnya, dikutip dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Baca juga:

Dorong UMKM lokal

Pantai Boom Marina Banyuwangi pada malam hari dengan latar belakang Pulau Bali di seberang laut.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Boom Marina Banyuwangi pada malam hari dengan latar belakang Pulau Bali di seberang laut.

Ipuk menyampaikan, tidak hanya pariwisata, pihaknya juga terus mendorong pengembangan produk-produk lokal, baik dari kuliner maupun kerajinan tangan. 

"Kami dukung, jadi semua baik dari craft-nya, kulinernya, wastra seperti kain batik. Karena Banyuwangi itu sekarang pariwsiatanya berkembang maka UMKM kami dorong biar berkembang juga," jelasnya.

Sebagai informasi, tahun ini konsep Banyuwangi Beach Jazz berbeda dengan sebelumnya.

Untuk menikmati Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023, tiket bisa didapatkan melalui aplikasi Smart Kampung Apps di Play Store atau App Store, dengan membeli tiket vocher belanja UMKM senilai Rp 100.000. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com