Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beach Jazz Festival 2023 di Banyuwangi, Dorong UMKM lewat Hiburan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi berupaya mendorong UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) lokal, salah satunya lewat acara bertajuk Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023.

Digelar pada Minggu (17/12/2023) lalu di Pantai Boom Marina, acara ini juga sekaligus memperingati hari jadi Kabupaten Banyuwangi ke-252.

Adapun tiket Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023 bisa didapat dengan berbelanja UMKM lokal di Banyuwangi, minimal Rp 100.000.

"UMKM semua kami dorong. Contohnya Beach Jazz Festival, masyarakat yang nonton jazz mereka beli tiketnya berupa kupon yang dibelanjakan untuk UMKM," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat ditemui di Jakarta, Rabu (20/12/2023). 

Konsep tersebut, ia menjelaskan, bertujuan untuk memberdayakan UMKM di Banyuwangi agar mendapat berkah dari Banyuwangi Festival dan acara lainnya.

"Pada prinsipnya dalam event (acara) ini Pemkab Banyuwangi tidak menarik keuntungan. Kami ingin ini menjadi pesta rakyat, namun tetap berdampak pada pelaku ekonomi mikro," ujarnya, dikutip dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. 

Ipuk menyampaikan, tidak hanya pariwisata, pihaknya juga terus mendorong pengembangan produk-produk lokal, baik dari kuliner maupun kerajinan tangan. 

"Kami dukung, jadi semua baik dari craft-nya, kulinernya, wastra seperti kain batik. Karena Banyuwangi itu sekarang pariwsiatanya berkembang maka UMKM kami dorong biar berkembang juga," jelasnya.

Sebagai informasi, tahun ini konsep Banyuwangi Beach Jazz berbeda dengan sebelumnya.

Untuk menikmati Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023, tiket bisa didapatkan melalui aplikasi Smart Kampung Apps di Play Store atau App Store, dengan membeli tiket vocher belanja UMKM senilai Rp 100.000. 

Vocher tersebut nantinya ditukarkan saat pelaksanaan Banyuwangi Beach Jazz, dan bisa digunakan untuk menonton serta berbelanja produk UMKM di lokasi dengan nilai yang sama yakni Rp 100.000.

Terdapat ribuan UMKM Banyuwangi yang hadir dalam Banyuwangi Beach Jazz.

Untuk mendapat tiket Banyuwangi Beach Jazz, selain vocher belanja UMKM saat pelaksanaan, ada juga skema belanja di BobaWangi, marketplace (lokapasar) UMKM milik Pemkab Banyuwangi. Di BobaWangi terdapat sekitar 800 produk UMKM.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Mohamad Yanuarto Bramuda mengatakan, Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023 berlangsung lancar dan meriah. 

"Malam-malam itu ramai yang nyanyi, ada video pencahayaan juga di pepohonan," ujar Bram. 

Adapun Banyuwangi Beach Jazz Festival 2023 menghadirkan berbagai musisi dan penyanyi yang digemari anak muda saat ini, mulai dari Ghea Indrawari, Nadin Amizah, hingga Yovie & Nuno.

Beach Jazz atau Jazz Pantai telah menjadi icon pertunjukan musik nasional yang dihelat Bannyuwangi sejak 2013. Jazz Pantai menawarkan pengalaman menikmati musik berlatar Selat Bali. 

"Tahun ini kami (kembali) membuat Jazz Pantai, untuk mewujudkan rasa syukur ada doa bersama dan selawatan juga. Cukup meriah, anak muda juga banyak hadir menikmati jazz, kita juga berdoa (bersama)," pungkas Ipuk. 

https://travel.kompas.com/read/2023/12/21/124027627/beach-jazz-festival-2023-di-banyuwangi-dorong-umkm-lewat-hiburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke