Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Tetap Jadi Pusat MICE meski Tak Lagi Jadi Ibu Kota

Kompas.com - 27/04/2024, 07:05 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) disiapkan menjadi pusat pemerintahan Indonesia menggantikan DKI Jakarta.

Meski demikian, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Hari Wibowo optimistis tetap menjadikan Jakarta sebagai pusat MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions).

Baca juga: 

"Kami optimis bahwa Jakarta tetap menjadi pusat MICE, meskipun akan terdampak di awal-awal (peresmian IKN)," ujar Hari dalam diskusi di Deal with Ascott di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Sebab, menurutnya, Jakarta memiliki fasilitas memadai untuk mendukung kegiatan MICE yang belum dipunyai IKN.

Jakarta memiliki akses transportasi memadai dan gedung-gedung MICE untuk menggelar acara berskala internasional. Ada Jakarta International Expo (JI Expo), Jakarta Convention Center (JCC), dan Ancol International Convention Center (AICC) dengan kapasitas mencapai belasan ribu per gedung.

Belum lagi, gedung-gedung sekitaran Jakarta yang juga kerap digunakan untuk menggelar acara MICE, seperti Sentul International Convention Center (SICC) dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Baca juga: Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Garuda Travel Fair 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (27/10/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Garuda Travel Fair 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (27/10/2023).

"Kalau ditanya terdampak, iya terdampak, tetapi kami dari Pemprov juga menyiapkan ide baru, terobosan baru, untuk bersaing sehat," tambah dia.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani.

Haryadi mengatakan, Jakarta dan Bali tetap menjadi pusat MICE untuk segmen berbeda yakni regional dan internasional.

Baca juga: Jelajahi Goa Tapak Raja, Tempat Wisata Dekat IKN Nusantara

Namun, tetap ada pasar yang terdampak, khususnya okupansi hotel. Mengingat, menurut Haryadi, 40 persen segmen hotel di Jakarta berasal dari pemerintahan.

Sementara itu, Hari mengatakan, Disparekraf DKI Jakarta tetap menyiapkan strategi pengembangan MICE di kota yang kini menjadi pusat bisnis.

"Sudah pasti kami memberikan dukungan penuh, bisa berupa regulasi atau sponsorship untuk melaksanakan kegiatan MICE," ujar Hari.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com