Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curug Pitu, Wisata Alam di Banjarnegara dengan 7 Air Terjun Bertingkat

Kompas.com - 11/06/2024, 20:24 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Curug Pitu termasuk tempat wisata alam yang wajib dikunjungi saat ke Banjarnegara, Jawa Tengah. Daya tarik utamanya adalah tujuh air terjun bertingkat, dengan ketinggian yang berbeda.

Dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Selasa (11/6/2024), dari curug pertama atau tingkat satu, wisatawan bisa melihat pemandangan air terjun dengan debit air yang besar. 

Baca juga:

Di sisi kanan dan kiri air terjun juga masih ditumbuhi pepohonan, termasuk pohon durian. 

Bila ingin mencapai air terjun di tingkat atas, wisatawan harus melewati jalan setapak dengan anak tangga guna lebih memudahkan pendakian. 

Setiap kira-kira 50 meter, wisatawan akan menemui curug berikutnya. Di tingkat tujuh, panorama yang bisa dinikmati pun cukup ciamik lantaran wisatawan bisa melihat enam air terjun di bawahnya.

Baca juga: 7 Larangan Saat Berwisata ke Telaga Dringo Banjarnegara

Dari pusat Kota Banjarnegara, wisatawan bisa berkendara ke arah timur sekitar 10 kilometer hingga mencapai pertigaan Desa Sigaluh. 

Dari lokasi itu, ambillah jalur kanan dan susurilah jalanan desa sejauh kira-kira tujuh kilometer. Tak jauh dari Balai Desa Kemiri, wisatawan akan tiba di Curug Pitu.

Dikutip dari laman Badan Otorita Borobudur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), meskipun wisatawan perlu berjalan kaki sejauh sekitar 1,5 kilometer dari jalan raya, tapi panorama sawah dan pegunungan bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: Harga Sewa Tenda dan Perlengkapan Kemah di Telaga Dringo Banjarnegara

Sesampainya di lokasi, wisatawan dapat mencoba berendam di kolam di bawah air terjun.

Meksipun airnya tidak terlalu tinggi, tapi berendam bisa jadi kegiatan melepas penat setelah berjuang mencapai lokasi air terjun.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com