Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjudi di Kruger National Park

Kompas.com - 25/07/2010, 03:29 WIB

BERADA di Afrika Selatan (Afsel) rasanya kurang lengkap jika tak berkunjung ke Kruger National Park, kawasan liar yang luas. Di sinilah tempat hewan-hewan legendaris Afrika berada, dari singa, gajah, kuda nil, badak dan sebagainya. Namun, melakuan perjalanan ke kawasan itu seperti berjudi.

Taman ini memiliki luas 18.989 kilometer persegi. Sepanjang 260 kilometer dari utara ke selatan dan 65 kilometer dari timur ke barat. Di sebelah barat dan selatan taman ini adalah dua provinsi Afrika Selatan (Afsel), yakni Provinsi Limpopo and Mpumalanga. Sebelah utaranya masuk wilayah Zimbabwe dan sebelah timur masuk wilayah Mozambik.

Berwisata di daerah ini memang mengasikkan, karena bisa menyaksikan hewan-hewan liar. Namun karena luasnya, melakukan perjalanan di taman itu ibarat berjudi. Jika untung akan bertemu Big Five, jika kurang beruntung hanya bertemu sedikit binatang.

Di Afsel, Big Five amat terkenal dan jadi andalan. Big Five terdiri dari banteng, singa, gajah, leopard (semacam macan), dan badak.

Ini berkaitan dengan legenda pula. Zaman dulu, banyak orang berburu binatang di daerah ini. Banyak pemburu yang tewas. Rata-rata, mereka tewas oleh serangan Banteng, Leopard, Singa, Gajah, dan Badak. Maka, para pemburu itu menilai kelima bintang itulah yang paling berbahaya, hingga kemudian muncul sebutan Big Five.

Tentu, mengunjungi tempat ini harus memakai mobil dan tak boleh terbuka. Maka, pengelola melarang siapa pun keluar dari mobil, kecuali di beberapa pemberhentian yang ada kafe yang memang aman.

Sebaiknya masuk ke kawasan ini pada pagi hari. Sehingga, banyak hewan yang sibuk mencari makan atau sekadar berjalan dan berjemur. Sebab, pada pukul 18.00 semua pintu gerbang akan ditutup. Di saat itu, ranger akan balik ke gerbang sambil memeriksa apakah ada pengunjung yang mendapat masalah, seperti mobil macet atau lainnya.

Ada 9 gate untuk memasuki wilayah itu, yakni Crocodile Bridge, Malelane, Numbi, Phabeni, Paul Kruger, Orpen, Phalaborwa, Punda Maria, dan Pafuri. Jika dari Afsel, biasanya orang masuk dari gate Orpen, Paul Kruger, atau Phalaborwa.

Ada ketegangan dan rasa penasaran yang tinggi begitu memasuki kawasan liar itu. Akankah bertemu Big Five? Itu pertanyaan yang sering muncul. Namun, seperti berjudi, kadang untung kadang tidak.

Springbok, binatang seperti kijang, paling sering terlihat dari jalan-jalan aspal. Mereka sering bergerombol menghindari kawanan singa. Namun, sering pula terlihat zebra, jerapah, dan babi hutan. Baboon juga sering melintas di jalanan aspal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com