Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Perjalanan Hidup Baru" di Singapura

Kompas.com - 25/08/2010, 16:04 WIB

Pertunjukan sirkus dengan atraksi-atraksi akrobatik yang menantang dan mendebarkan selalu menarik ditonton. Apalagi kalau dipadukan dengan sulap dan dikemas bergaya teater modern, didukung tata cahaya laser warna-warni atraktif menggoda, diiringi musik dan lagu cinta yang mendayu romantis.

Inilah Voyage de la Vie, pertunjukan terbaru di Resort World Sentosa (RWS), Singapura, dan Generating Company, Inggris. Voyage de la Vie merupakan produksi sirkus internasional pertama Singapura yang dibawakan lebih dari 40 anggota sirkus internasional. Tampil di dalamnya penyanyi serta komponis lokal Jonathan Leong sebagai pemeran protagonis bernama Boy. Atas undangan RWS dan Idea Marcomms, Kompas menyaksikan Voyage de la Vie.

Voyage de la Vie diawali dengan pertunjukan sulap sederhana, dilanjutkan pemain sirkus memakai kostum layaknya polisi masa depan. Mirip di film-film futuristik. Diiringi lagu dan musik rancak, mereka menari-nari dengan latar panggung perkotaan. Setting panggung berubah, berganti tangga-tangga tinggi miring ke kanan dan ke kiri. Mereka lincah menaikinya. Selanjutnya, adegan-adegan sirkus yang menegangkan melompat di atas ketinggian menggunakan tali panjang, diiringi lagu dan musik dinamis, diselingi beberapa adegan sulap, ditampilkan selama sekitar 1,5 jam.

Setting panggung terus berubah setiap adegan berganti. Seperti operet, Jonathan sesekali tampil menyanyi mengiringi jalannya cerita.

Voyage de la Vie yang berarti perjalanan hidup menceritakan kisah perjalanan seorang pemuda, Boy. Ia terjebak dalam rutinitas dunia modern dan frustrasi oleh tuntutan pekerjaan, berusaha mencari pelepasan tekanan yang dirasakannya dengan bermain game komputer di kantornya.

Secara ajaib, ia tersedot ke dalam komputernya dan fantasi, di mana dia melakukan perjalanan dalam imajinasinya yang gelap dan tersembunyi untuk menemukan sebuah tujuan dan kepuasan diri.

Dituntun Penjaga Lentera yang misterius dan seorang game master, ia bertemu karakter-karakter yang aneh yang menggambarkan godaan, kebebasan, konflik dan resolusi, serta kehidupan dan kematian, hingga masalah cinta dengan gadis impian.

Pengalaman itu mencapai klimaks saat Boy melewati batas imajinasinya dan menyadari bahwa perjalanan lah yang memperkaya jiwa, bukan tujuan.

Bintang sirkus

Voyage de la Vie menampilkan bintang-bintang sirkus terkemuka, seperti Viktor Kee, yang dikenal sebagai salah satu juggler terbaik dunia; Aurelia Cats, penari trapeze (akrobatik tali) dari Perancis, dan artis handstand (penari dengan kekuatan satu tangan), Melanie Chy dari Swiss. Juga ada ahli atraksi panah dari Finlandia, Martti Peltonen; Linna Aunola, penari akrobat tali asal Finlandia yang aksinya sungguh mendebarkan jantung; juga manusia karet nan-ajaib dari Rusia, Alexey Goloborodko, yang baru berusia 15 tahun; serta dua pesulap asal Las Vegas, Jarret dan Raja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com