Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TWA Gunung Batur Akan Dioptimalkan

Kompas.com - 18/05/2013, 18:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan, Jumat (17/5/2013) meninjau kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang di Kintamani, Bali. Pada kesempatan itu Menhut mengatakan bahwa untuk mengembalikan fungsi lindungnya, TWA Gunung Batur akan dioptimalkan agar daearah tangkapan air tetap terjaga dengan baik.

TWA Gunung Batur ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan terutama untuk wisata pendakian, trekking, bersepeda gunung, wisata religi, wisata kegunungapian, camping dan fotografi.

Sebagai obyek wisata kegunungapian, di kawasan ini terdapat kawasan kaldera Gunung Batur yang telah ditetapkan sebagai Global Geopark Network (GGN) oleh UNESCO pada 20 September 2012.

Selanjutnya Menhut meninjau lokasi penangkaran kima (kerang hias) dan transplantasi terumbu karang di Desa Tembok, Kabupaten Singaraja. Menhut menyatakan bahwa upaya penangkaran ini perlu mendapat dukungan pemerintah karena sesuai dengan kaidah konservasi dan berkelanjutan.

Penangkaran dan transplantasi karang ini akan dikembangkan di tempat lain di Indonesia. Upaya ini, selain melestarikan lingkungan laut juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat, karena merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Kima dan terumbu karang merupakan komoditas ekspor yang banyak diminati negara-negara di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com