Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saifullah Yusuf: Macet dan Turis

Kompas.com - 19/12/2015, 09:12 WIB
JAWA Timur benar-benar kaya dengan pesona alam. Malang Raya yang meliputi Kota dan Kabupaten Malang serta Kota Batu adalah contohnya. Kehadiran tempat wisata yang diciptakan kian menambah daya pikat wilayah ini untuk dikunjungi wisatawan.

”Cuma, akhir-akhir ini pada mengeluh jika ke Malang atau Batu pada akhir pekan, macetnya luar biasa. Waktu habis di jalan sebelum menikmati sejuknya udara Kota Batu sambil menjajal banyak tempat wisata edukasi,” begitu kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (51) ketika tampil dalam seminar pariwisata yang digelar harian Kompas di Hotel Klub Bunga Batu, pekan lalu.

Jalan macet menjadi alasan utama banyak wisatawan asing mengurungkan niat berlibur ke Batu. Itu sebabnya, banyak paket wisata yang ditawarkan biro perjalanan ke Bali-Banyuwangi-Bromo-Malang-Batu untuk wisatawan asing masih rendah responsnya.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Omah Kayu merupakan salah satu alternatif wisata dengan biaya murah untuk menikmati pemandangan Kota Batu, Jawa Timur dari atas rumah pohon.
Wisatawan asing umumnya minta garansi waktu tempuh perjalanan Batu-Surabaya karena hendak mengejar penerbangan ke Surabaya. Kemacetan yang bisa membuyarkan prediksi waktu tempuh umumnya dihindari wisatawan yang jadwalnya padat dan ketat.

”Solusinya adalah bangun jalur alternatif, dan realisasinya bisa lebih cepat jika penguasa daerah kompak. Jalan lancar, turis pun datang. Malang Raya dan Jatim pun kian tersohor seperti Bromo,” ujar Saifullah mengajak. (ETA/DIA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com