Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2016, 03:12 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta mi instan mungkin sudah tak asing dengan aneka olahan mi. Namun, di kedai ini Anda dapat temukan rasa olahan mi yang tidak akan anda temukan di kedai lain.

Bumbu rahasia dari olahan berbagai rempah dan bahan-bahan lainnya, membuat tempat ini selalu dipenuhi para pecinta kuliner. Salah satunya menu Mie Instan Upnormal yang dibuat dari saus keju bercampur rempah, dan Mie Goreng Kikil dengan bumbu super pedas.

Bertempat di Cempaka Putih jalan Jalan Cempaka Putih Raya nomor 102, yang merupakan jalur kukiner kawasan tersebut. Untuk menuju kesana, hanya 5 menit dari tol Rawamangun ke arah Taman Solo, atau ikuti Jalan Pulomas Cawang, ke arah Angke dan belok kiri di Cempaka Putih Raya.

Kedai yang mengusung tema kekinian ini, memiliki beberapa menu khas kaki lima yang diadopsi. Seperti roti bakar, pisang bakar, kopi, dan pastinya mie instan. Seto Haryo, sebagai outlet manager, mengatakan Warunk Upnormal tersebut memang dikonsep untuk semua kalangan.

"Kita pengennya semua kalangan orang tua, muda, remaja yang suka nongkrong bisa makan disini. Makanya konsepnya mengangkat warkop kaki lima, dengan konsep kekinian, naik kelas," ujar Seto saat ditemui KompasTravel di Warunk Upnormal, Rabu (2/3/2016) malam.

Salah satu menu olahan mi instan andalannya ialah Mie Upnormal dan Mie Goreng Kikil yang sering disebut Mie Gokil. Mie Upnormal sendiri dibuat sesuai nama tempatnya, Warunk Upnormal, dengan racikan saus keju, telur, dan rempah, semua tercampur di semangkuk mi rebus. Sedangkan Mie Gokil, merupakan mi instan goreng atau rebus yang diberi potongan kikil pedas.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kombinasi maincourse Mie Upnormal, dengan dessert Vanila Treasures, merupakan menu favorit di Warunk Upnormal.
Panganan serba pedas tersebut, sangat cocok didampingi oleh menu andalan lainnya. Ada Vanila Treasure, yang tak kalah laris diburu pelanggan.

Dessert yang satu ini terdiri dari mochi nutela, bubble, puding taro dan mangga, yang direndam di dalam vanila. Dihiasi satu scoop ice cream vanila dan wafle diatasnya.

Rabu (2/3/2016) malam, KompasTravel berkunjung ke tempat tersebut. Keramaian orang pun sangat terasa ketika memasuki tempat ini, pada pukul 21.00 WIB ternyata masih terdapat waiting list yang harus rela menunggu. Setelah itu KompasTravel langsung memesan beberapa menu andalannya tersebut.

Mie Upnormal tersaji dengan cantik, mi yang terendam di kuah penuh keju, ditutupi gulungan smoked beef sangat menggugah selera. Tak kalah tampilan dari si Gokil, dengan kikil berbalut bumbu rempah cabai rawit hijau. KompasTravel memesan topping telur ceplok setengah matang, untuk dipadukan dengan kikil yang pedas tersebut.

Kuah mie upnormal yang kental, sangat terasa, selain keju, didalamnya tercampur telur yang sudah dikocok bersama saus kejunya. Beberapa pelanggan yang tidak menyukai telur mungkin akan kurang familiar dengan rasanya. Smoked beef dan potongan cabai menambah cita rasa yang gurih, bercampur pedasnya rempah dan cabai.

Mie Gokil sendiri mengandalkan rempah dan cabai rawit hijaunya sangat terasa di setiap potongan kikil. Kikilnya diiris kotak dengan lapisan tipis. Untuk Anda yang kurang terbiasa dengan pedas, rasanya harus siap-siap memesan banyak minum. Ditutup dengan dessert vanila sangatlah pas, apalagi mochi nutela yang lumer dimulut ketika digigit. Untuk puding taro dan mangganya memiliki tekstur yang sedikit lembut.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Suasana keramaian Warung Upnormal, Cempaka Putih. Jika Anda ingin kesini, kunjungilah sebelum pukul 05.00, karena lewat dari itu pengunjung akan membludak hingga waiting list.
Untuk menyantap menu olahan mi andalan Warunk Upnormal, cukup dengan Rp 14.500 untuk Mie Gokil, dan Rp 16.500 untuk Mie Upnormal. Sedangkan untuk Vanila Treasure, seharga Rp 27.500, cukup sebanding dengan kelezatan mochi nutelanya.

Untuk menu yang lain, menurut Selo, semuanya tidak lebih dari Rp 40.000. Nampaknya untuk pecinta kuliner bisa cepat-cepat ke sini untuk mengobati rasa penasaran. Karena saat ini kedainya masih dalam masa promosi.

Tempat makan yang berasal dari Bandung ini baru dibuka sejak awal Desember 2015, di Cempaka Putih. Meski demikian, cabang tersebut telah mendapat penghargaan dari Path, untuk periode 2015.

Warunk yang memiliki 200 menu ini buka mulai pukul 10.00 hingga 24.00 WIB untuk Senin dan selasa. Rabu dan hari lainnya buka hingga pukul 03.00 pagi, tapi untuk hari Jumat, pelanggan baru bisa ke sana setelah pukul 14.00 WIB. Anda dapat menghindari jam makan malam, karena meski buka sampai pagi, waiting list biasanya dimulai sejak pukul 17.00.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com