Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target Kunjungan Wisatawan, Garuda-Kemenpar Perkuat Kerja Sama

Kompas.com - 29/04/2016, 09:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus memperkuat kerja sama. Kali ini Garuda dan Kemenpar menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bidang “Pengembangan Pemasaran Pariwisata Indonesia” sebagai wujud dukungan Garuda Indonesia dalam mengembangkan pariwisata nasional.

Kerja sama ini khususnya untuk mempercepat realisasi pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta wisatawan dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2016 ini.

(BACA: Diskon Sampai 80 Persen, Saatnya Berburu Tiket di Garuda Indonesia Travel Fair)

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo dan Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara serta disaksikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, pada acara pembukaan Rakornas Kementerian Pariwisata di Jakarta Convention Center, Kamis (28/4/2016).

Keduanya sepakat untuk melaksanakan peningkatan aktivitas pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara yang mencakup kegiatan branding dan advertising, termasuk pelibatan media massa untuk membantu mempercepat realisasi pencapaian target.

KOMPAS/ICHWAN SUSANTO Pengunjung obyek wisata Telaga Bintang di Piaynemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, memanfaatkan keindahan alam gugusan gunung-gunung karst dengan berfoto untuk promosi. Selain memiliki keindahan alam laut, kabupaten kepulauan ini juga memiliki pesona daratan yang belum banyak digarap. Potensi yang ditawarkan antara lain pengamatan burung cenderawasih, kakaktua, dan nuri serta trekking cagar alam.
Garuda Indonesia menyadari pentingnya kerja sama ini mengingat posisinya sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, di mana Garuda turut berperan aktif dalam memajukan pariwisata nasional.

"Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata dan Garuda Indonesia melalui berbagai progam dan kegiatan promosinya telah melaksanakan berbagai upaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Selain itu, dengan jaringan yang menjangkau hampir seluruh nusantara dan mancanegara, kiranya akan semakin memudahkan wisatawan baik mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke Indonesia," kata Arif Wibowo.

Menpar Arief Yahya menyambut baik kerja sama antara Garuda Indonesia dan Kementerian Pariwisata tersebut dan mengharapkan ke depannya kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan.

“Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata untuk ditawarkan kepada wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, seperti ragam kebudayaan, seni, sejarah, serta keindahan alamnya. Kementerian Pariwisata dan Garuda Indonesia akan dapat terus menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia,” kata Arief Yahya.

Sebelumnya, pada tahun 2012 Garuda Indonesia dan Kemenpar pernah melaksanakan kerja sama di bidang promosi pariwisata yang dilaksanakan oleh masing-masing pihak. Kerja sama tersebut meliputi “Nation Branding” melalui penyediaan  bahan-bahan promosi pariwisata Indonesia.

ARSIP GARUDA INDONESIA Penandatanganan MoU antara Kementerian Pariwisata-Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (28/4/2016), oleh Dirut Garuda Indonesia Arif Wibowo (kanan) dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara (tengah) disaksikan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri).
Melalui berbagai programnya, Garuda Indonesia telah melaksanakan berbagai upaya untuk mempromosikan pariwisata nasional seperti penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) setiap tahun, menyediakan paket-paket wisata bekerja sama dengan biro-biro perjalanan domestik maupun internasional dalam bentuk educational tour.

Berikutnya menyelenggarakan familiarization tour dengan special/promo fare, serta memanfaatkan kantor-kantor perwakilan Garuda Indonesia khususnya yang berada di luar negeri untuk melaksanakan promosi pariwisata Indonesia dan juga melalui duta-duta wisata Garuda di negara-negara tujuan. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com