Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Liburan Bersama Anjing Kesayangan

Kompas.com - 29/10/2016, 18:12 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta anjing, sedih rasanya kalau sampai harus meninggalkan anjing kesayangannya demi liburan. Walau lebih repot persiapannya makanya anjing tetap harus dibawa serta liburan.

Nancy, salah seorang pecinta anjing tetap membawa Gizmo, anjing peliharaannya saat liburan ke Eropa.

Pengalamannya beberapa tahun silam ini menjadi memori indah dalam hidupnya. "Bahagia banget deh pokoknya. Walau harus nabung ekstra semua terbayarkan sampai di sana," kata Nancy kepada KompasTravel.

Nancy sempat membawa Gizmo ke Belgia melalui Amsterdam, Belanda. "Karena bandara Schiphol adalah bandara yang ramah hewan peliharaan," kata Nancy.

Dari Amsterdam, Nancy baru melanjutkan perjalanan ke Belgia lewat darat dengan menyewa mobil.

Di Indonesia sendiri Nancy kesulitan membawa serta anjing kesayangannya berlibur. "Susah banget. Di sini bukan negara ramah hewan peliharaan," ucapnya.

Di Eropa, Nancy merasa bahagia karena bisa membawa Gizmo ke banyak tempat seperti pantai, taman, toko belanja, termasuk restoran.

Perempuan yang pernah menjadi wartawan ini menuturkan, Gizmo bisa lari dan lompat sepuasnya. "Mata saya sampai berkaca-kaca saat itu," kenangnya.

Menurut Nancy, persiapan yang terbanyak adalah memenuhi syarat dokumen. "Yang terpenting adalah riset. Cari tahu negara tujuan benar-benar ramah hewan peliharaan. Termasuk apa saja syaratnya," katanya.

Nancy sendiri lebih menyarankan agar menyiapkan dokumen dan persyaratannya melalui agen atau pet relocation. Ini adalah semacam agen atau konsultan khusus pengiriman atau pemindahan hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com